Mengintip Trending Penelusuran Via Google Trends

October 30, 2018
Kekuatan Search engine Google tentu tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua orang sekarang sudah menggunakan Google sebagai sumber mencari informasi. Mulai dari tugas sekolah, resep makanan, literasi, sampai dunia bisnis sekalipun.

Dengan kekuatan sebegitu besar, tentu akan banyak sekali kata kunci atau kueri yang masuk ke search engine Google setiap harinya. Bagi sebagian orang, terutama seorang content creator, ini adalah sebuah peluang. Dan peluang yang diincar adalah membuat konten sesuai dengan topik yang sedang trending.

Lalu bagaimana cara melihat kueri pencarian yang sedang trending di Google. Anda bisa menggunakan Google Trends. Kegunaan dari fasilitas ini adalah untuk "mengintip" kueri-kueri pencarian yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang lewat search engine Google.

Mengintip Trending Penelusuran Via Google Trends

Anda bisa melihat berapa kali sebuah topik dicari melalui Google. Selain itu, Google Trends juga akan menampilkan hasil yang paling relevan berdasarkan kueri populer yang ada.

Alat Google Trends cukup populer di kalangan Blogger dan YouTuber, mengingat mereka harus berusaha menggaet banyak pengunjung, dan tentu saja dengan membahas topik yang sedang trending maka kemungkinan membeludaknya pengunjung yang datang akan sangat besar.

Google Trends juga memberikan rekap data pencarian terpopuler tahunan yang dikelompokkan berdasarkan topik. Data-data inilah yang kemudian bisa dijadikan bahan dasar untuk survey kegemaran para pengguna internet.

Serunya, data-data ini boleh digunakan oleh siapapun tanpa harus meminta ijin ke Google. Kebebasan berinternet memang menjadi salah satu keunggulan Google dimana sebagian besar layananannya tidak dipungut biaya.

Sayangnya informasi data untuk trending realtime masih belum tersedia di Indonesia. Bisa jadi karena pengguna Google di Indonesia yang masih belum merata (mengingat masih banyak daerah pedalaman Indonesia yang belum memiliki layanan Internet).

Cara menggunakan Google Trends

Tidak sulit untuk menggunakan Google Trends. Cukup masukkan kueri yang ingin dilihat insightnya, maka data akan tersaji dengan lengkap. Anda juga bisa membandingkan satu kueri dengan kueri yang lain sebagai pertimbangan untuk membuat sebuah konten.

Data akan ditunjukkan dengan parameter poin, dimana poin terendah adalah 0 (tidak ada pencarian sama sekali) dan yang tertinggi adalah 100 (Hot Trending). Anda bisa membandingkan kueri berdasarkan topik atau istilah secara spesifik.

Data Google Trends

Menariknya lagi, Google Trends juga memberikan data tentang daerah yang paling sering melakukan pencarian. Ini bisa menjadi acuan yang bagus bagi anda yang menargetkan konten atau barang di daerah tertentu.

Cukup menarik bukan? Dengan Google Trends, semua orang bisa ikut melihat apa yang sedang menjadi tren di masyarakat tanpa perlu melakukan survey yang merepotkan. Tentu saja data yang ada di Google Trends tidak bisa dijadikan dasar mutlak bagi anda yang memerlukan data secara spesifik karena Google Trends hanya memberikan gambaran umum saja.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *