Perbedaan Asuransi Tradisional dan Asuransi Unit Link

April 26, 2018
Anda berencana membeli produk asuransi? Sebelumnya, anda perlu mengetahui bahwa jenis asuransi dibagi menjadi dua yaitu asuransi general insurance atau yang disebut asuransi kerugian dan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa Unit Link. Perbedaan dari keduanya adalah jika anda menggunakan asuransi jiwa tradisional maka anda hanya mendapatkan manfaat proteksi saja, sedangkan jika anda memilih asuransi jiwa Unit Link, maka anda bisa mendapatkan manfaat proteksi sekaligus investasi dalam satu waktu.

Asuransi Tradisional VS Unit Link

Perusahaan asuransi pada umumnya akan lebih menekankan produk asuransi Unit Linknya kepada para calon nasabah. Jika anda bertanya mana yang lebih menguntungkan untuk anda sebagai nasabah, maka anda bisa mempertimbangkannya dari ulasan berikut. Berikut rincian perbedaan antara asuransi tradisional dan asuransi unit link:

Asuransi tradisional

Asuransi tradisional hanya memberikan manfaat proteksi untuk anda. Dengan anda membayarkan sejumlah premi, maka anda bisa meminimalisir dampak ekonomi jika ada resiko seperti resiko kesehatan atau resiko meninggal dunia yaitu dengan menggunakan uang santunan dari klaim asuransi.

Premi dari asuransi tradisional cenderung lebih murah daripada asuransi Unit Link. Namun, anda tidak bisa menarik uang tunai dari uang premi yang anda setorkan. Berbeda dengan asuransi Unit Link yang akan dibahas berikutnya.

Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link adalah asuransi yang mengkombinasikan manfaat proteksi dan investasi. Asuransi jenis Unit Link lah yang saat ini lebih gencar ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Mengapa? Berikut alasannya:
  1. Dengan Unit Link, maka anda tidak perlu khawatir dengan masalah investasi dan proteksi anda. Anda bisa mendapatkan proteksi dari resiko kesehatan maupun meninggal dunia dan investasi akan ditangani oleh bagian manajer investasi dari perusahaan asuransi yang anda gunakan.
  2. Anda bisa menarik tunai dari jumlah premi yang anda bayarkan beserta keuntungannya sewaktu-waktu apabila anda membutuhkannya dan ini tidak bersifat pinjaman seperti pada asuransi jiwa tradisional, asalkan saldo masih mencukupi.
Jumlah dari premi proteksi dengan premi investasi pun bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda tetap akan mendapatkan Uang Pertanggungan jika terjadi resiko sesuai dengan premi proteksi anda. Pastikan anda mengatur rasio antara premi proteksi dengan premi investasi agar proteksi dan investasi yang anda terima optimal.

Dengan Unit Link, anda juga memiliki kesempatan untuk tidak membayarkan premi dimana pembayaran premi selanjutnya akan dipotongkan dari total dana investasi anda.

Namun, ada resiko dimana dana investasi anda bisa habis karena investasi yang gagal (misal karena terlalu sering melakukan switching). Sangat disarankan untuk tidak melakukan switching atau penggantian jenis investasi kecuali anda benar-benar paham dengan hal tersebut.

Kesamaan dari asuransi tradisional dan Unit Link adalah keduanya bisa ditambahkan rider sesuai kebutuhan anda (ada tambahan premi tentunya). Ingat, jangan pernah memanipulasi data atau tidak jujur saat mengisi SPAJ atau klaim anda bermasalah di kemudian hari.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *