Cara Mudah Mulai Bergabung Menjadi Agen Properti Professional

April 25, 2018
Berencana untuk menjadi agen properti? Namun bingung bagaimana caranya? Tenang saja, di artikel saya kali ini, saya akan membahas seputar langkah-langkah untuk menjadi agen properti di suatu perusahaan agen properti yang sudah tersertifikasi oleh AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia).

Bisnis properti memang tidak akan pernah mati, kecuali jika manusia punah dari muka bumi ini mengingat setiap manusia pasti memerlukan properti, baik untuk tinggal maupun untuk usaha. Namun, terkadang orang menemui kesulitan ketika akan menjual, menyewakan, atau bahkan membeli properti baru mengingat dunia properti yang cukup luas dan merupakan spesialisasi yang tidak dikuasai oleh semua orang.

Disinilah peran agen properti handal diperlukan. Agen properti bertugas untuk menangani hal-hal seputar transaksi properti mulai dari menawarkan, mengatur legalitas, mengatur alur transaksi, maupun mencarikan properti untuk pembeli.

Cara Mudah Mulai Bergabung Menjadi Agen Properti Professional

Namun, akan lebih baik jika anda menjadi agen properti yang tersertifikasi AREBI atau yang biasa disebut agen properti profesional. Mengapa? Karena hanya agen properti dengan sertifikasi AREBI sajalah yang diakui oleh hukum dan negara. Menjadi agen properti non AREBI atau agen independen memiliki beberapa resiko seperti tidak adanya kerja sama dengan bank untuk kredit sampai tidak diperbolehkan untuk memasarkan unit properti dari developer besar di Indonesia.

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar menjadi agen properti profesional:

1. Pastikan anda sudah mengetahui profil perusahaan agen properti yang akan anda ikuti

Berdasarkan manajemennya, perusahaan agen properti dibagi menjadi dua yaitu One Management dan Franchise. One management, artinya semua kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia berada di bawah pemilik dan kebijakan yang sama. Sedangkan Franchise artinya setiap kantor cabang belum tentu di bawah manajemen dan pemilik yang sama dan biasanya akan dikenakan biaya royalti untuk setiap transaksi yang terjadi.

Pastikan anda sudah mengetahui profil dan latar belakang perusahaan sebelum anda mendaftar. Mengingat koneksi dan kerja sama setiap perusahaan berbeda-beda.

2. Mendaftar menjadi agen

Setelah anda memilih perusahaan mana yang akan anda masuki, sekarang waktunya anda mendaftar! Akan lebih mudah jika anda memiliki kenalan atau referensi di perusahaan tersebut agar lebih lancar dalam proses pendaftaran dan tentunya anda akan lebih mudah mendapatkan seorang leader nantinya.

Setelah anda mendaftar, anda akan diwajibkan untuk membayarkan biaya training. Harga biaya training bervariasi untuk setiap perusahaan agen properti. Anggap biaya ini sebagai investasi anda.

Setelah itu, anda mungkin akan diinterview oleh pimpinan cabang tempat anda mendaftar secara langsung. Tidak perlu gugup dan jawab saja pertanyaannya sesuai hati nurani anda. Hasil interview biasanya hanya akan digunakan untuk keperluan training.

3. Menjalani training

Saatnya anda menjalani training! Dalam training ini, anda akan diajarkan berbagai hal seputar properti. Mulai dari bagaimana cara mendapatkan listing, metode penjualan, komisi, sampai tips dan trik memasarkan properti. Anda mungkin akan menemui kesulitan pada awalnya, namun anda akan semakin terbiasa seiring dengan berjalannya waktu.

Ada perusahaan yang memberlakukan ujian setelah training ada yang tidak. Tenang saja, hasil dari ujian tidak mempengaruhi apakah anda boleh lanjut atau tidak dan hanya digunakan untuk formalitas dan keperluan training kedepannya.

4. Mulai berjualan

Setelah anda menyelesaikan training dan ujian, maka anda sudah resmi menjadi agen properti dari perusahaan tempat anda mendaftar. Mulai terapkan semua hal yang anda dapatkan di training, cari listing pertama anda dan perkenalkan diri anda sebagai agen properti profesional. Perlu diingat, bahwa rumah yang anda pegang mungkin bisa dipegang oleh agen lain juga (terutama jika listing didapatkan dari iklan koran). Tidak akan menjadi masalah, gunakan sebagai senjata untuk mendapatkan klien pertama anda.

Pastikan anda mengikuti rangkaian kelas yang diadakan oleh leader anda. Ini sangat penting bagi agen baru karena biasanya akan membahas seputar permasalahan di lapangan ataupun tentang legalitas. Matangkan pengetahuan anda di kelas yang diadakan leader.

Mudah bukan mendaftar sebagai agen properti? Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, bisa langsung menghubungi saya lewat halaman about us atau menu feedback.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *