Mengenal Skala Pengukur Gempa Skala Ritcher

April 29, 2018
Gempa bumi merupakan bencana alam yang disebabkan oleh faktor pergerakan lempeng tektonik bumi maupun aktivitas gunung berapi. Besar kecilnya kekuatan gempa diukur menggunakan skala dan satuan khusus yang disebut "Skala Ritcher" atau disingkat SR.

Kalau kita bicara gempa, maka pasti ada hubungannya dengan kehancuran. Tingkat kehancuran yang dihasilkan dari gempa bergantung pada besarnya nilai SR. Namanya, skala pasti ada standarnya dong! Itulah yang akan dibahas dalam post ini. Yuk simak!

Mengenal Skala Pengukur Gempa Skala Ritcher


Ada 8 tingkatan skala ritcher antara lain :
1. <2.0 = Tidak terasa, tapi terekam
2. 2.0 - 2.9 = Getaran hampir terasa, tapi belum terasa oleh orang yang sedang beraktivitas
3. 3.0 - 3.9 = Terasa oleh sebagian kecil orang
4. 4.0 - 4.9 = Terasa hampir setiap orang 5. 5.0 - 5.9 = Mulai menimbulkan kerusakan-kerusakan
6. 6.0 - 6.9 = Menimbulkan kerusakan pada bangunan dengan struktur yang tidak kokoh
7. 7.0 - 7.9 = Gempa dahsyat yang dapat menghancurkan kota, kerusakan besar
8. >7.9 = Sampai jumpa di kehidupan selanjutnya, kehancuran total di area episentrum (pusat gempa )
Huh? Jadi setiap detik kita mengalami gempa bumi? Yupz, hanya saja kita tak merasakannya karena skalanya terlalu kecil. FYI, gempa dengan skala kecil (2.0 - 3.0) terjadi jutaan kali setiap harinya (Kalau nggak percaya liat aja di seismografnya badan meteorologi dan geofisika). Kenaikan satu unit amplitudo (misal dari 1.0 ke 2.0) menunjukkan kenaikan kekuatan sebesar 10x lipat!  Selain SR ada lagi skala yang disebut Modified Mercalli (MM) yang biasanya ditunjukkan dengan angka romawi. diantaranya skala I -XII. dimana skala I tidak dapat dirasakan, skala II hanya bisa dirasakan oleh orang yang sedang beristirahat, skala VII dapat menghancurkan gedung dengan struktur yang kurang baik dan terakhir skala XII yang dapat mengakibatkan kehancuran total serta dapat melemparkan benda-benda dari darat ke udara.

Indonesia merupakan daerah paling rawan gempa di area Asia Tenggara, terutama di bagian selatan Sumatera sampai Jawa. Bahkan, beberapa orang barat mengatakan kalau orang Indonesia itu nekat, karena berani tinggal di daerah yang sangat rawan gempa dengan infrastruktur yang sebenarnya belum terlalu mumpuni (apabila dibandingkan dengan Jepang). Hal ini karena Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng besar bumi (Eurasia, Australia, dan Pasifik).

Belum lagi lokasi Indonesia juga terletak dalam area Ring Of Fire. Apa itu Ring Of Fire? Ring Of Fire adalah daerah yang dibatasi oleh kedua sirkum pegunungan yaitu sirkum mediteranian dan sirkum pasifik. Kebanyakan dari gunung di daerah Ring Of Fire merupakan gunung aktif yang dapat mengalami erupsi sewaktu-waktu.

Selalu update dan pantau berita seputar gempa. Pihak BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) akan selalu memberikan informasi seputar gempa baik waktu, koordinat, lokasi, dan kedalaman secara real time dan cepat. Jadi, bagi anda yang tinggal di daerah rawan gempa bisa langsung follow akun-akun resmi dari BMKG dan selalu sigap terhadap pemberitahuan via emergency broadcast dari pemerintah sebagai antisipasi gempa.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
June 20, 2015 at 2:36 AM delete

oo ternyata skala ricter masih ada tingkatannya,,lumayan dapat referensi baru

Reply
avatar
June 28, 2015 at 2:11 AM delete

Generator itu masih ada gak gan?

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *