Bagaimana Cara Menanyakan dan Menjelaskan Arah Dalam Bahasa Mandarin

March 22, 2018
Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara menanyakan arah jalan dalam bahasa Mandarin. Tidak sulit kok, bahkan bisa dibilang hampir sama dengan menanyakan arah dalam bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Mandarin. Dalam menanyakan arah, kita bisa menggunakan frase "怎么走?" (zěnme zǒu) yang berarti "kemana arahnya?". Contoh :
 去银行怎么走 (Qù yínháng zěnme zǒu?) yang artinya "Bagaimana arah pergi ke bank?"
Untuk menjawabnya, kita bisa menggunakan pedoman 4 arah mata angin atau menggunakan kiri dan kanan. Tergantung apakah si penanya bisa mengerti menggunakan mata angin atau tidak. Sebelumnya, saya akan bahas yang menggunakan kiri dan kanan terlebih dahulu.

Bagaimana Menanyakan dan Menjelaskan arah dalam Bahasa Mandarin

Meskipun bisa menggunakan dua pedoman, ternyata frase yang digunakan juga berbeda. Berikut contohnya :
一直走到十字路口往右拐 (Yīzhí zǒu dào shízìlù kǒu wǎng yòu guǎi) yang artinya "Jalan terus saja, begitu tiba di perempatan anda belok kanan)
Untuk memberi tahu kalau jalan lurus saja, bisa menggunakan "一直走" (Yīzhí zǒu). Sedangkan untuk memberi informasi perempatan, kita bisa menggunakan "十字路口" (shízìlù kǒu). Mengapa "十字路口"? Karena bentuk jalan perempatan yang seperti angka 10 dan identik dengan karakter 十, sehingga orang-orang china menggunakan kata 十字路口 untuk mendefinisikan perempatan jalan.

Selain menggunakan "往右拐", anda juga bisa menggunakan "向右转" (Xiàng yòu zhuǎn), yang artinya kurang lebih sama yaitu berbelok ke arah kanan.

Lalu bagaimana dengan pedoman mata angin? Sebelum kita masuk ke sana, anda harus tahu dulu apa bahasa Mandarin dari 4 arah mata angin ini. Berikut terjemahan 4 arah mata angin dalam bahasa Mandarin
  1. 东 (dōng) yang artinya timur
  2. 南 (nán) yang artinya selatan
  3. 西 (xī) yang artinya barat
  4. 北 (běi) yang artinya utara
Bagaimana penggunaan frasenya? Berikut contoh kalimat yang menjelaskan arah dengan menggunakan pedoman mata angin :
一直走到市场以后往西走 (Yīzhí zǒu dào shìchǎng yǐhòu wǎng xī zǒu) yang artinya "Jalan terus, setelah melewati pasar maka jalan ke arah barat)
Disini terlihat perbedaan frase yang digunakan. Satu menggunakan "往右拐" yang satu lagi menggunakan "往西走". Sebenarnya tidak ada masalah jika kondisinya informal, bisa bebas menggunakan apapun. Namun, di sini saya menjelaskan secara gramatikal agar lebih mudah dipahami perbedaannya.

Sekian dulu artikel tentang pembahasan Bahasa Mandarin untuk tema "Bagaimana Cara Menanyakan dan Menjelaskan Arah Dalam Bahasa Mandarin". Semoga artikel ini membantu anda semua yang tengah sedang belajar bahasa Mandarin.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *