Apa Itu Teknologi Smart Home dan Keuntungannya

March 24, 2018
Teknologi Smart Home atau "Rumah Pintar" sekarang mulai diterapkan di hampir seluruh proyek perumahan baru. Mulai dari apartemen sampai perumahan, semuanya menggunakan teknologi Smart Home ini. Tapi, apa sebenarnya Smart Home ini?

Mengusung konsep dari "Internet of Things" yaitu semua hal yang dikontrol lewat internet dan teknologi, Smart Home dapat membuat rumah dapat dikontrol dari jarak jauh dan dengan menggunakan Smartphone saja!

Salah satu contoh proyek apartemen di Surabaya yang cukup menggembor-gemborkan Smart Home adalah Grand Sungkono Lagoon dan Grand Dharmahusada Lagoon dari PP Properti. Apa saja fitur yang ditawarkan?

Smart Home

Kontrol penggunaan listrik dari handphone

Sekarang sudah tidak perlu lagi takut lupa mematikan alat elektronik di rumah. Karena hanya dengan menyambungkan smartphone ke jaringan internet di rumah, maka anda sudah bisa mengontrol semua penggunaan alat elektronik. Mulai dari lampu maupun kabel listrik yang sedang tersambung.

Jika suatu saat anda "kelupaan" untuk mematikan beberapa alat elektronik, maka anda tidak perlu kembali ke rumah dan cukup membuka smartphone saja untuk mematikan alat elektronik tersebut dari jarak jauh. Sangat praktis, terutama jika sedang terburu-buru.

Atur suasana penerangan

Anda juga bisa mengatur suasana pencahayaan dalam ruangan sesuai mood. Jika anda merasa ingin rileks, maka lampu bisa diredupkan hanya dengan mengaturnya dari menu di smartphone. Jika suasna sedang pesta, maka anda bisa langsung meningkatkan pencahayaan dari smartphone.

Jika tidak menggunakan smart home, anda tentu memerlukan remote atau alat tambahan untuk melakukan hal ini. Dengan smart home maka semuanya cukup dalam satu aplikasi.

Buka tutup tirai otomatis

Memang ini merupakan hal kecil dan remeh. Namun, kadang-kadang kita cukup malas untuk membuka dan menutup tirai, apalagi jika jumlah tirai di rumah cukup banyak. Dengan aplikasi smart home, maka cukup dengan satu sentuhan maka semua tirai bisa membuka atau menutup secara otomatis. Anda juga bisa mengatur jadwal kapan tirai membuka dan kapan tirai menutup.

Akses instant ke tenant di sekitar

Fitur ini hanya mendukung untuk hunian superblock. Semua tenant akan dikordinasi lewat satu aplikasi khusus yang akan mempermudah penghuni jika memerlukan layanan. Contoh, anda bisa langsung memesan makanan yang tersedia di tenant hanya dengan satu sentuhan, tanpa perlu membuka aplikasi lain. Semua data yang diperlukan pun sudah tersedia, karena anda sudah mengisikan data saat serah terima unit dan tidak perlu berkali-kali mengisikan data ulang. Sangat praktis.

Salah satu superblock yang menggunakan konsep ini adalah Grand Kamala Lagoon, Bekasi.

Kontrol parkir

Masih jaman mencari lot parkir yang kosong selama berjam-jam? Dengan smart home, maka anda tidak perlu lagi bingung mencari lot parkir kosong dengan berputar-putar di gedung parkir, karena sistem parkir sudah terintegrasi dengan internet dan anda akan secara otomatis diarahkan ke lot parkir yang tersedia.

Tentu saja ini sangat menghemat waktu, fitur ini juga sekaligus pengembangan dari sistem parkir sensor yang sudah ada sekarang ini. Hanya saja diberikan inovasi tambahan yang bisa mengarahkan pengunjung ke lot parkir kosong terdekat.

Buka kunci rumah

Sekarang tidak perlu lagi membuat duplikat kunci sampai puluhan kali atau takut lupa membawa kunci rumah. Cukup mendaftarkan Smartphone anda ke aplikasi smart home, maka anda sudah mendapatkan otorisasi untuk membuka kunci rumah. Sistem ini bisa menggunakan teknologi chip NFC (Near Field Communication), atau menggunakan sistem PIN konvensional.

Jika anda menggunakan NFC, maka hanya dengan menyentuhkan Smartphone ke sensor yang ada di pintu, mka pintu akan terbuka secara otomatis. Jika menggunakan PIN, maka anda cukup memasukkan PIN yang didaftarkan ke Smartphone, maka pintu akan terkunci atau terbuka secara otomatis.

Masih banyak lagi keuntungan smart home yang masih belum disebutkan di sini. Pengembangan teknologi tentu akan terus dilakukan untuk mempermudah kehidupan manusia. Mungkin saja ke depannya tidak hanya support dengan smartphone, namun juga dengan Smartwatch atau peralatan lain yang menggunakan internet dan tentunya akan semakin praktis. Bagaimana? Tertarik untuk membeli hunian dengan Smart Home?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *