Aplikasi Lite Version, Pilihan Tepat Untuk Hemat Kuota dan Hemat Baterai

May 22, 2016
Terlalu banyak aplikasi produktivitas membuat smartphone menjadi lemot dan boros kuota? Lalu, bagaimana solusinya? Daripada anda kebingungan cari pemecahan ini itu yang malah membuat keadaan tidak semakin baik, saya sarankan anda mencoba menggunakan aplikasi versi Lite! Tapi, apa untungnya?

Beberapa aplikasi populer seperti Facebook dan Line, sudah menyediakan aplikasi versi Lite-nya, tujuan utamanya adalah agar orang-orang yang masih menggunakan smartphone level middle-end atau low-end, masih bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tanpa mengganggu performa ponsel, dan juga ditujukan untuk orang-orang yang memiliki budget kecil dalam membeli kuota. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Lite Version For Aplication

Lebih ramah RAM


Salah satu keunggulan dari aplikasi mini atau lite, lebih hemat penggunaan RAM! Ya, menurut pengalaman saya Facebook versi lite hanya membutuhkan sekitar 4 MB RAM saja untuk bisa berjalan lancar, dan jika dibandingkan dengan Facebook reguler yang membutuhkan sekitar 40 MB RAM agar dapat berjalan lancar tanpa lag dan error, tentu saja perbedaannya cukup signifikan. Jika anda memiliki ponsel dengan RAM yang luas (>1 GB), tidak masalah, tapi bagaimana jika anda menggunakan ponsel dengan spesifikasi pas-pasan?

Lebih hemat kuota, tapi lebih sedikit fasilitas


Ada plusnya ada minusnya. Memang, karena lebih sedikit fasilitas itulah yang membuat aplikasi lite atau mini ini menjadi lebih hemat kuota. Contohnya, Opera Mini tidak akan memuat script dan plugin yang tentu saja membuat website tersebut menjadi lebih sulit untuk dijelajahi (namun tidak terlalu memakan kuota) berbeda dengan Opera reguler yang memuat keseluruhan elemen situs. Tapi, hasilnya cukup mencengangkan dimana Opera Mini dapat menekan penggunaan data dari 400 MB menjadi 32 MB, sangat hemat bukan?

Lebih baik daripada versi Turbo


Sebelum versi mini banyak dikeluarkan seperti sekarang, pernah juga ada versi Turbo yang bekerja dengan sistem pengompresan. Namun, hasilnya malah terkesan berantakan, salah satu hasil paling fatal adalah link yang tidak bisa diklik. Di versi mini, link apapun bisa diakses dengan mudah tanpa harus kembali ke versi original terlebih dahulu.

Nyaman digunakan bahkan di jaringan 2G


Para pengguna feature phone tentu sudah paham betul dengan hal ini. Dengan berbekal jaringan 2G, anda sudah bisa merasakan pengalaman menjelajahi dunia internet tanpa harus menunggu waktu loading berjam-jam.

Bagaimana? Tertarik menggunakan aplikasi versi lite? Jika tertarik, coba cek di play store dengan menambahkan kata "lite" atau "mini" di belakang nama aplikasi yang ingin anda unduh.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *