Mengenal Link, Lalu Lintas Dunia Internet

March 27, 2016
Jaman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan yang namanya internet? Ya, dengan internet apapun bisa dilakukan. Sekarang, internet telah menggantikan sebagian besar peran barang-barang di sekitar kita seperti surat (E-mail), telepon (VoIP), toko (Bisnis E-Commerce), dan lain-lain. Namun, tahukah anda bagaimana lalu lintas internet dilihat?

Di dalam jaringan internet terdapat link yang bisa menghubungkan antara situs satu dengan situs lainnya. Peran link ini sangat besar, sampai-sampai setiap webmaster atau blogger pasti akan menyematkan link di situs-situs besar dan ternama demi mendapatkan lalu lintas yang melimpah.

Mengenal Link

Beberapa perusahaan besar dunia juga menilai kesuksesan sebuah website dari jumlah link yang tersebar (dikenal dengan istilah backlink). Contohnya adalah alexa (sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ranking website dan fasilitas SEO atau Search Engine Optimization), mereka melakukan ranking dengan melihat jumlah link yang tersebar di seluruh jagat internet.

Google, salah satu raksasa internet dunia, juga mengambil andil dalam lalu lintas internet (jelas saja, dia kan search engine nomor satu di dunia). Google sendiri sering melakukan penertiban terhadap website-website yang melakukan cyber crime, yaitu dengan memblokir dan mengeliminasi mereka dari SERP (Search Engine Result Page), dan dengan browsernya (Google Chrome) mereka memblokir situs yang dilaporkan buruk oleh user.


Ada juga beberapa orang yang menawarkan jasa untuk menanamkan link di situs-situs besar guna mendongkrak peringkat situs di SERP. Meskipun mereka mengklaim bahwa jasa mereka mampu menjamin situs anda dapat dengan mudah dilihat pengunjung, namun seringkali aktivitas seperti itu terbaca spam oleh Google dan hasilnya, bukannya peringkat naik namun situs anda bisa-bisa dihapus dari SERP.

Dengan menggunakan link, para webmaster juga berusaha agar pengunjung dapat dengan mudah menavigasi situs mereka. Dengan menggunakan tool bantuan seperti Google Analytics, para webmaster dan blogger juga memantau kualitas link yang mereka buat di dalam situs (yang lebih dikenal dengan internal link).

Ada juga istilah permalink (sngkatan dari permanent link). Permalink adalah link yang mengarahkan ke pos atau thread tertentu setelah melewati halaman utama atau yang sejenisnya. Permalink ini isi intinya tidak akan berubah (kecuali sang webmaster merubahnya), sedangkan halaman utama akan selalu berubah seiring dengan update konten yang dilakukan.

Terakhir, ada juga istilah Anchor Text dan Anchor Image. Keduanya memiliki peran yang sama, yaitu tulisan atau gambar yang mewakili suatu link, jadi isi dari link yang akan dikunjungi sudah bisa dilihat secara garis besar dengan melihat anchor text atau anchor image yang ada. Relevansi antara anchor text dan anchor image haruslah tepat, kalau tidak dapat menyesatkan pengunjung.

Facebook juga menghitung kepopuleran link dari jumlah like dan share yang didapat.

Banyak ya yang dapat dipelajari dari sebuah link? Semoga artikel ini bermanfaat.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
Agus Maya
AUTHOR
April 20, 2016 at 11:34 PM delete

Nyimak nih artikelnya keren menambah pengetahuan saya tambah luas tentang dunia internet

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *