Beberapa Kepercayaan Dalam Budaya Tiongkok

December 05, 2015
Kepercayaan boleh dipercaya boleh tidak. Kepercayaan biasanya berasal dari cerita legenda atau mitos, ada kepercayaan yang dipercaya akan membawa keberuntungan jika dilakukan dan ada juga yang dipercaya akan membawa kesialan apabila dilakukan. Jika didalami, kepercayaan bisa menjadi salah satu budaya unik yang dapat memberikan ciri khas tersendiri bagi negara dan daerah tertentu.

Nah, disini saya akan memperkenalkan kepercayaan-kepercayaan yang berasal dari negeri panda ini. Mungkin ada beberapa yang sudah anda kenal sebelumnya, seperti penggunaan warna merah gemerlap untuk mengindikasikan rasa bahagia dan kesejahteraan atau makan mie saat tahun baru bisa memperpanjang umur dan kesejahteraan.

Kepercayaan Etnis Tionghoa


Mungkin beberapa tidak dilakukan oleh etnis tionghoa di Indonesia, nah apa saja itu? Simak baik-baik

Huruf 福 (fu) Yang Dibalik


Huruf 福 yang dibalik adalah untuk mengharapkan agar 福 jatuh dari langit dan memenuhi seluruh rumah. 福 sendiri berarti kesejahteraan. Kepercayaan ini berdasarkan dari cara baca karakter 到 (dao = tiba) dengan 倒 (dao = terbalik) yang sama, sehingga mereka beranggapan jika membalik huruf 福 maka si-福 ini juga bisa datang dan tiba di rumah mereka.

Huruf 福 sendiri juga sering dipasang di kalender atau di depan pintu rumah (biasanya ketika menyambut 新年 (xin nian) atau biasa disebut Imlek di Indonesia) dengan tulisan berwarna emas dan berlatar merah. Maksudnya, mereka bersiap-siap untuk menerima kedatangan kesejahteaan ke rumah mereka.

Mengirim 999 Ikat Bunga Ke Pasangan Saat Valentine (情人节)


999 ikat? Nggak salah ya? Yup, benar sekali seperti yang anda ketahui bahwa orang Tiongkok sangat menyukai angka sembilan. Mengapa mereka mengirimkan 999 ikat? Hal ini dikarenakan cara baca angka 九 (jiu = sembilan) dengan 长久 (chang jiu = selamanya) hampir sama, sehingga mereka berharap kalau hubungan mereka bisa langgeng selamanya.

Sayangnya harga bunga saat valentine bisa mencapai 5x lipat per ikatnya, sehingga hadirnya kepercayaan ini membuat bisnis berjualan bunga mawar menjadi laris manis saat valentine.

Dilarang Memberikan Buah Pir Kepada Sahabat


Apa hubungannya buah pir dengan sahabat? Bukankah malah baik kita memberikan hadiah buah-buahan kepada sahabat tercinta? Lagi-lagi dikarenakan bunyi yang sama, dimana bunyi karakter 梨 (li = pir) dengan 离开 (li kai = berpisah) yang hampir sama, sehingga dengan anda memberikan buah pir anda akan dianggap mendoakan anda dan sahabat anda agar cepat berpisah. Tapi namanya kepercayaan ya mau bagaimana lagi...

Dilarang Mengucapkan Kata 翻 (fan) Bagi Para Nelayan


翻 artinya adalah membalik. Bagi para nelayan, 翻 merupakan kata yang sangat terlarang jika diucapkan. Mengucapkan kata 翻 dipercaya akan membawa bencana kapal yang terbalik di tengah lautan. Percaya atau tidak itu pilihan anda.

Dilarang Menghabiskan Makanan Di Mangkok Saat Makan Malam Tahun Baru


Makan malam tahun baru bersama keluarga memang menyenangkan, tapi kok makanannya tidak boleh dihabiskan? Begini penjelasannya, menurut kepercayaan orang Tiongkok, makanan adalah rejeki yang paling besar. Makanan di dalam mangkok tidak boleh sampai habis menandakan harapan agar ketika kita menggunakan uang kita di tahun baru nanti, jangan sampai kehabisan juga.

Banyak juga ya? Masih banyak lagi kepercayaan Tiongkok yang lain, anda bisa mempelajarinya dalam pelajaran 中国文化 (zhong guo wen hua = budaya Tiongkok). Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 Comments

Write Comments
kcnewbie
AUTHOR
December 5, 2015 at 10:23 PM delete

Lumayan dah buat sebatas pengetahuan..

Reply
avatar
gih cksno
AUTHOR
December 5, 2015 at 10:47 PM delete

Widih banyak juga yah kepercayaannya

Reply
avatar
Maulana Syah
AUTHOR
December 5, 2015 at 11:01 PM delete

Seeep..... baru tau ane..... Nice article :D

Reply
avatar
Males Ngeblog
AUTHOR
December 6, 2015 at 12:28 AM delete

nice info gan sangat bermanfaat

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *