Menjajal Google Publisher Toolbar

November 07, 2015
Google Publisher Toolbar? Hmmm.... apa lagi tuh? Kalau anda adalah seorang blogger dan penayang AdSense, maka mungkin anda akan membutuhkan toolbar ini. Google Publisher Toolbar merupakan ekstensi untuk chrome yang berfungsi untuk memantau performa situs dan performa iklan.

Google Publisher Toolbar


Google Publisher Toolbar berisi 4 jenis laporan antara lain laporan Google Analytics, AdSense, Ad Exchange, dan dfp small business.

Untuk laporan Google Analytics, kurang lebih formatnya sama dengan versi Google Analytics dalam laman. Hanya saja dibuat lebih ringan dan praktis (Tanpa statistik jumlah klik). Laporan tersebut berisi data jumlah pengunjung, bounce rate, dan waktu rata-rata interaksi pengunjung dengan laman. Sedikit kelebihan, semua laporan hari ini dibandingkan dengan hasil 1 hari yang lalu.

Disini juga ada pintasan langsung ke dashboard Google Analytics. Anda bisa dengan mudah mengecek laporan lengkap tanpa harus mengunjungi halaman awal analytics. Beberapa menu default yang disertakan secara default:
  • Analytics dalam laman (Laporan langsung tentang performa situs)
  • Semua lalu lintas (Sumber lalu lintas)
  • Minat : Ikhtisar (Demografi pengunjung)
  • Alur Perilaku

Untuk laporan dari Google AdSense, disini anda hanya akan disajikan data tentang pendapatan anda hari ini, kemarin, bulan ini, dan bulan lalu. Lebih ringkas memang daripada kita harus bolak balik ke dashboard AdSense.

Untuk laporan AdSense, juga disajikan data tentang URL, informasi (jenis, penargetan, dan ukuran iklan), dan server dari iklan yang muncul di blog anda sesuai dengan jumlah slot iklan. Artinya, anda bisa melihat info seputar iklan yang muncul tanpa harus mengeklik iklannya. Lalu tambahan lagi, toolbar ini juga secara otomatis mengaktifkan semacam "pelindung" di slot iklan AdSense situs anda guna mencegah klik yang tidak disengaja. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus terlebih dahulu menyalakan fitur hamparan iklan yang berada di pojok kanan bawah.

Untuk laporan Ad Exchange dan dfp, untuk sementara ini belum saya coba karena memang saya belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang kedua produk tersebut. Jika anda ingin menggunakan toolbar ini anda bisa langsung mendownloadnya di toko pengaya chrome. Oh ya, toolbar ini hanya bisa aktif di situs yang anda miliki sendiri dan memerlukan akun Google yang sudah terintegrasi dengan 4 layanan yang sudah saya sebutkan di atas. 

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 Comments

Write Comments
Xioone
AUTHOR
November 7, 2015 at 11:38 PM delete

Mantap nih....perlu di coba....

Reply
avatar
Irgi Faresy
AUTHOR
November 8, 2015 at 1:18 AM delete

Keren gan
Fungsinya cuma buat mantau ? Fungsi yang lain apa ?

Reply
avatar
November 8, 2015 at 2:00 AM delete

cuman buat mantau aja memang...kan lewat hasil pantauan itu kita bisa memutuskan langkah selanjutnya :D

Reply
avatar
saliman store
AUTHOR
November 8, 2015 at 8:48 PM delete

Google Publisher Toolbar, mungkin sangat berguna bagi yang mempunyai blog atau iklan lebuih dari satu ya gan? ane belum paham. dan Google Publisher Toolbar masuknya google webmaster atau bukan?

Reply
avatar
Ferdi Rizaldi
AUTHOR
November 12, 2015 at 10:21 PM delete

patut dicoba nih gan,apalagi blog baru kyk punya saya

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *