Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Membeli Laptop

Laptop sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan semi-primer selain smartphone. Terutama untuk mahasiswa dan para pekerja baik itu karyawan biasa atau bos, semua butuh laptop. Nah, laptop tersebut juga pasti digunakan untuk berbagai macam pekerjaan, mulai dari yang ringan seperti mengetik laporan sampai yang berat seperti edit video.

Laptop Spesifications


Lain kebutuhan tentu saja lain spesifikasi. Anda tentu sudah tahu kalau semua hardware komputer saling berhubungan dan tidak bisa hanya 1 saja yang berspesifikasi tinggi. Lalu, jika anda memang membeli laptop untuk pekerjaan berat, anda harus betul-betul mencermati spesifikasi laptop sasaran anda, jika dirasa tidak mumpuni (standarnya bisa dilihat di sistem rekomendasi dari program yang anda gunakan) sebaiknya anda memilih laptop yang lain daripada anda kecewa. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat akan membeli laptop incaran:

1. Prosesor


Ini adalah barang yang paling vital dan pertama yang harus anda lihat. Kekuatan prosesor berbanding lurus dengan kecepatan pemrosesan komputer (seperti membaca data, rendering, komprsi, copy, dll). Kualitas prosesor bisa dilihat dari versi dan kecepatan clockworknya. Sangat disarankan agar menggunakan prosesor dengan kecepatan clockwork 3.1 Ghz atau diatasnya dan versi minimal i3 atau setara.

2. VGA


Lain perkara kalau VGA, biasanya alat ini identik dengan DKV dan gaming. Semakin tinggi VGA semakin cepat komputer melakukan pemrosesan gambar. Kualitas VGA bisa dilihat dari kapasitasnya (biasanya minimal 2 Gigabyte untuk standar game dan design). Pastikan juga anda tidak menggunakan VGA on-board karena biasanya on-board spesifikasinya biasa saja dan kapasitasnya kecil. Selain itu VGA dengan kapasitas kecil juga akan kesulitan saat menampilkan video atau gambar resolusi tinggi.

3. RAM


RAM biasanya identik dengan kapasitas baca komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin tangguh pula laptop dalam melakukan multitasking. Kebanyakan program dan game jaman sekarang merekomendasikan RAM dengan kapasitas 2 Gigabyte agar komputer anda tidak mengalami lag saat sedang melakukan aktivitas.

4. Hard Disk


Sebenarnya tidak begitu penting dengan kapasitas hard disk, karena kapasitas tergantung dari kebutuhan anda masing-masing. Namun, lain halnya kalau kita bicara tentang tipe hard disk. Lebih baik anda menggunakan hard disk tipe SSD karena lebih tahan terhadap bad sector. Selain itu, hard disk tipe SSD juga lebih tahan terhadap panas.

Nah, sekarang tinggal tergantung kebutuhan dan budget anda. Pastikan anda membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan, dan jangan sampai anda beli dengan spek terlalu tinggi karena kasihan dompet anda. Juga jangan sampai kerendahan karena kasihan waktu dan tenaga anda. Sekian.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

9 comments for "Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Membeli Laptop"

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.