Mousekeys, Sensasi Menggunakan Keyboard Sebagai Mouse

October 03, 2015
Mouse merupakan perangkat penting dan wajib untuk komputer. Iya lah, tanpa mouse bagaimana anda mengoperasikan komputer anda? Namun, mouse bisa menjadi perangkat yang paling rentan terhadap kerusakan karena seringnya pemakaian tersebut. Apalagi untuk para gamers (orang yang tergila-gila dengan game), pasti sering gonta ganti mouse.

Sering kali karena pemakaian yang sangat intensif, mouse menjadi tidak responsif terhadap perintah klik. Bahkan mouse saya pun kliknya sudah tidak berfungsi lagi. Tentu saja ini sangat menyebalkan. Terutama bila anda masih tidak memiliki uang untuk memperbaikinya.

Namun anda tidak perlu bingung selama yang rusak hanya kliknya. Karena ternyata windows menyediakan layanan MouseKeys! Layanan ini sudah terpasang secara default sejak penginstalan OS. Artinya anda tidak perlu repot mengunduhnya di internet ataupun meminta teman.

Dengan menggunakan mousekeys ini, anda bisa menggantikan navigasi mouse dengan keyboard. Bagaimana pengoperasiannya? Simak langkah selanjutnya! Oh ya, saya masih menggunakan windows XP, namun untuk windows versi yang lain langkahnya kurang lebih sama.
  1. Masuk ke Control Panel Windows.
  2. Klik Accesibility Options
  3. Akan muncul kotak dialog baru. Pilih submenu mouse.
  4. Lalu klik Use Mousekeys.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Mousekeys, Sensasi Menggunakan Keyboard Sebagai Mouse

Mousekeys, Sensasi Menggunakan Keyboard Sebagai Mouse

Mousekeys, Sensasi Menggunakan Keyboard Sebagai Mouse

Jika MouseKeys berhasil diaktifkan maka akan muncul simbol MouseKeys di taskbar menu.

Anda juga bisa membuka menu setting untuk melakukan pengaturan kecepatan mouse ketika digerakkan dengan keyboard. MouseKeys menggunakan navigasi dengan memanfaatkan numpad keyboard. Artinya anda bisa menggerakan mouse dengan angka 1,2,3,4,6,7,8,9 dan direksi disesuaikan dengan posisi numpad.

Untuk urusan klik anda bisa menggunakan angka 5 atau Enter untuk klik kiri. Sedangkan untuk klik kanan anda bisa menggunakan angka 0 (sebenarnya fungsinya sendiri adalah untuk klik drag) lalu dilanjutkan dengan titik (.) atau tombol tambah (+).

Tentu saja navigasi MouseKeys tidak akan semudah dengan mouse. Tapi ini kan tujuannya untuk menggantikan fungsi mouse untuk sementara, selama anda belum memiliki uang untuk membeli mouse baru. Maka fitur ini akan cukup membantu, dan anda sangat disarankan untuk tidak merusak mouse lagi kedepannya. Hehehe.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *