Scan Keamanan Link Download Dengan Virustotal

Anda termasuk orang yang doyan download? Jika iya, maka anda harus rajin mengecek apakah situs itu aman atau tidak, pasalnya terkadang ada link download abal-abal yang menawarkan file lagu/music tapi yang terdownload malah program aneh-aneh. Contoh yang paling sering terjadi adalah komputer kita kemasukan Browser Hijacker, virus yang secara otomatis menginstal adware berkedok search engine. Untuk mencegah hal itu terjadi pada komputer atau laptop kesayangan anda, saya sarankan anda mengecek keamanan link download dengan Virustotal. Virustotal akan mengecek status link download itu dengan bantuan lebih dari 50 antivirus terkemuka, jelas dong bagaimana kualitasnya.

virustotal logo

Jika anda tertarik langsung saja menuju virustotal.com. Dan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Setelah anda masuk ke virustotal.com akan ada 3 pilihan yaitu file, URL, dan Search. Pilih yang URL

virustotal scanning virus online
Halaman Utama virustotal

2. Masukkan link yang mau di scan, sebagai contoh saya coba URL blog saya.

3. Klik Scan It! Lalu tunggu sampai hasilnya muncul.

virustotal scanning result
Hasil Scanning blog saya :D

4. Di bagian Analysis akan ada tulisan URL Scanner dan Result. URL scanner menunjukkan antivirus jenis apa yang melakukan scanning sedangkan result menunjukkan predikat situs menurut antivirus yang bersangkutan. Ada beberapa hasil yang mungkin diantaranya :
Pishing Site : Site palsu atau site tiruan.
Suspicious Site : Site yang kemungkinan berpotensi mengandung virus.
Unrated site : Situs yang belum memiliki kredibilitas apapun
Clean Site : Situs aman dan terpercaya. 
Tidak semua hasil dari semua antivirus tersebut benar! Ada beberapa yang kadang-kadang melakukan kesalahan saat mendiagnosis. Anda bisa memutuskan sendiri apakah situs itu aman, kredibel, dan terpercaya dengan melihat hasil yang mendominasi (biasanya jika lebih dari separuh).

Anda juga bisa melakukan komentar dan voting ke situs tersebut. Berikan voting yang objektif agar tidak menyesatkan orang lain.

Anda juga bisa melakukan scanning pada file yang anda curigai sebagai virus, tetapi ukurannya dibatasi sebesar 128 MB saja. Dan file yang diupload secara otomatis di-share, jadi pertimbangkan baik-baik sebelum melakukan scanning.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

1 comment for "Scan Keamanan Link Download Dengan Virustotal"

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.