Performa Ponsel Lemot? Cek Hal Di Bawah Ini!

Pastinya anda semua punya ponsel kan? Dan pasti sebagian besar sudah punya ponsel pintar. Nah pernahkah anda merasakan kecepatan ponsel anda melambat? Hal ini tidak terjadi karena ponsel sudah tua lho! Melainkan ada beberapa sebab seperti yang saya cantumkan di bawah ini:

Sebelum saya mulai, saya ingin tahu dulu berapa banyak aplikasi yang anda download? Versi android anda? Total internal dan RAM yang tersisa di ponsel anda? Dan bagaimana cara perawatan ponsel anda? Kalau anda sudah mengerti jawaban dari semua pertanyaan saya, seharusnya anda sudah tahu apa yang membuat ponsel anda lemot. Tapi jika masih saja belum coba baca post ini dulu.

Periksa Total RAM Tersisa


RAM berkaitan erat dengan kecepatan ponsel anda. Jika RAM tersisa di ponsel anda tinggal sedikit, anda tidak akan bisa melakukan kegiatan berat seperti main game. Apa penyebab RAM termakan berlebih?, jawabannya adalah sosmed! Ya sosmed merupakan penyedot RAM paling wahid di jagat ponsel, satu sosmed saja (BBM misalnya) bisa memakan RAM 30MB-an! Belum termasuk widget dan lainnya. Bayangkan saja jika anda memiliki 10 sosmed/sosmess di HP anda maka : 30 x 10 = 300MB. Yah tidak masalah jika RAM anda 2 GB, namun bagaimana jika RAM anda 512MB? Belum lagi RAM yang termakan oleh system dan aplikasi lainnya. Maka, kendalikan jumlah sosmed/sosmess di HP anda adalah salah satu cara meningkatkan performa ponsel.

Lebih Tinggi Versi Android = Kecepatan Baca Aplikasi Yang Lebih Cepat


Kok bisa? Iyalah, pembaruan versi android kan tidak semata-mata "mengubah nama" saja, tentu saja diselingi dengan peningkatan kemampuan. Contoh saja kecepatan baca ponsel Gingerbread tidak akan sama dengan ponsel KitKat. Lakukan pembaruan versi secara berkala dan performa ponsel akan lebih cepat dari sebelumnya

Penggunaan Aplikasi Booster


Cara kerja aplikasi booster pada android anda tidaklah sehebat yang anda perkirakan. Kok bisa? Cara kerja aplikasi booster yang biasa anda pakai di ponsel hanyalah mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, tetapi membiarkan aplikasi tersebut berjalan lagi. Bukannya sama saja? :). Malah aplikasi booster ini juga ikut berjalan secara background yang juga menghabiskan RAM anda. Meskipun begitu, ada juga kelebihan dari aplikasi ini yaitu anda bisa dengan mudah merapikan file sampah. Maka tentang aplikasi booster ini, terserah anda mau download atau tidak (Kalau anda sudah tahu cara kerjanya ada baiknya anda kerjakan sendiri :p). Tapi, sebisa mungkin cari aplikasi yang ringan saja. Aplikasi yang terlalu atraktif akan membuat ponsel anda semakin lelet.


Kualitas Hardware Ponsel anda


Kalau yang satu ini, anda harus rajin update informasi seputar hardware ponsel. Ada banyak sekali pabrikan hardware untuk ponsel (Nvidia, Intel, Snapdragon, MediaTek, dll) dan anda pasti memakai salah satu itu kan? Nah, coba anda komparasi dengan bantuan aplikasi Benchmark, maka anda akan tahu seberapa kemampuan hardware anda, dan itu bisa menjadi acuan untuk mencari aplikasi yang pas untuk ponsel anda.

Mungkin sekian dulu Tutorial Ponsel Lemot nya, semoga bisa membantu para readers yang sedang berabe dengan ponselnya yang lagi lemot. Hehe.

7 comments for "Performa Ponsel Lemot? Cek Hal Di Bawah Ini!"

  1. hp ane sering ngelag dan lemot gan... informasi bagus nih

    ReplyDelete
  2. wah ram saya kecil mas biar cepet gimana ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kebanyakan download gan. hehe

      Delete
  3. wah ane baru tau nih, makasih infonya ya gan :D

    ReplyDelete
  4. Mantap gann

    http://Alazthairku.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Semua sudah terpenuhi. Nomer satu itu, yg belum. :thumbup

    Visit back ya.. Fahmi Fanirius Blog

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.