Apa Saja Sih Kepanjangan LGBTQ+ Beserta Artinya

8/05/2019
Sebelumnya, saya mengatakan bahwa saya tidak terafiliasi dengan aktivis LGBTQ+ maupun gerakan anti-LGBTQ+. Pos ini saya buat hanya murni untuk membagikan pengetahuan tentang LGBTQ+ kepada anda semua para pembaca feichangzhidao.

Istilah ini menjadi booming, terutama sejak hak-hak mereka diakui di berbagai negara. Reaksi dari berbagai masyarakat pun bermunculan, ada yang pro dan ada yang kontra. Nah, bagi anda yang masih belum tahu apa pengertian dan kepanjangan LGBTQ+, berikut saya infokan artikel seputar pengertian LGBTQ+

Apa Saja Sih Kepanjangan LGBTQ+ Beserta Artinya

Sejauh ini kepanjangan yang paling panjang adalah LGBTTQQIAAP

Ya, mungkin anda hanya kenal dengan istilah LGBTQ+ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, dan Queer), meskipun mungkin juga tidak terlalu yakin dengan maksud dari kepanjangan itu. Tapi, anda perlu tahu bahwa sejauh ini, orientasi yang diketahui adalah LGBTTQQIAAP. Cukup banyak bukan? Mari sekarang kita masuk ke dalam pembahasan inti.

L (Lesbian)

Lesbian merupakan rujukan untuk para wanita yang tertarik dengan sesama wanita. Di Indonesia, Lesbian mungkin tidak begitu banyak mengingat ruang gerak perempuan tidak seganas ruang gerak pria.

G (Gay)

Gay merupakan rujukan untuk para pria yang tertarik dengan sesama pria. Paling banyak terjadi di Indonesia dan yang paling mendapatkan fokus utama. Bahkan ada beberapa pesta Gay yang pernah digrebek oleh petugas berwenang selama beberapa tahun ini.

B (Biseksual)

Biseksual merupakan rujukan untuk pria/wanita yang tertarik kepada kedua gender sekaligus. Biseksual masih memiliki kemungkinan untuk hidup seperti manusia tanpa orientasi dan mungkin lebih sulit dibedakan.

T (Transgender)

Transgender merujuk pada orang yang merubah identitas gendernya menjadi gender lain. Misalnya merubah diri dari pria menjadi wanita atau sebaliknya. Seorang waria (wanita pria) bisa dikategorikan sebagai salah satu dari Transgender. Transgender ini dibagi dua, yaitu Transpria (Wanita ke pria) dan Transpuan (Pria ke wanita).

Q (Queer)

Queer tidak memiliki definisi yang jelas, sehingga ia hanya dianggap sebagai payung bagi mereka yang tidak jelas masuk kategori mana (baik LGBTQ+ maupun non-LGBTQ+). Namun, Queer dulunya sering digunakan sebagai kata ejekan dan hinaan bagi mereka yang tidak berlaku seperti gender pada umumnya.

Q (Questioning)

Questioning merujuk pada mereka yang masih menjelajahi jati diri. Misalnya ada seorang pria yang tidak tahu apakah dirinya termasuk normal, Gay, Biseksual, atau lainnya.

I (Interseks)

Interseks sebenarnya tidak bisa dimasukkan ke dalam golongan LGBTQ+. Namun, karena identitas dari Interseks juga tidak begitu diakui (bahkan cenderung 'dipaksa' ke salah satu gender tanpa persetujuan pemilik tubuh_, maka mereka masuk ke dalam payung LGBTQ+. Interseks merujuk kepada mereka yang memiliki organ genital yang tidak bisa diklasifikasikan sebagai 'pria' atau 'wanita'.

A (Aseksual)

Aseksual merujuk pada mereka yang tidak tertarik kepada gender manapun, baik dari non-LGBTQ+ maupun yang termasuk dalam golongan LGBTQ+. Aseksual tidak begitu populer juga di Indonesia.

A (Ally)

Ally merujuk pada orang non Queer yang memberikan dukungan pada golongan Queer. Tidak begitu jelas apakah definisi pasti dari Ally ini, mengingat kehadirannya yang juga tidak begitu populer.

P (Panseksual)

Panseksual merujuk pada mereka yang tertarik pada orang apapun dan jenis manapun, baik dari golongan LGBTQ+ maupun non-LGBTQ+. Bisa dibilang, ini merupakan kebalikan dari Aseksual.

Kurang lebih itulah pengertian dan kepanjangan dari LGBTQ+. Perlu anda ingat bahwa seringkali orang terjerumus ke dalam kondisi LGBTQ+ bukan dari dirinya sendiri, namun karena ada kejadian yang membuatnya trauma. Dan satu catatan lagi, anda tidak bisa menilai apakah seseorang masuk ke dalam golongan LGBTQ+ dari penampilan luarnya saja.

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *