Mengatasi SafeSearch Tidak Bisa Dinonaktifkan

May 14, 2019
Siapa yang belum pernah menggunakan layanan search engine Google? Jaman sekarang, semuanya tentu sudah tahu siapa mesin pencari terbesar di dunia ini, apalagi Google terintegrasi dengan ponsel sejuta umat : Android. Search engine ini terkenal dengan fiturnya yang lengkap dan hasil pencarian yang paling relevan terhadap keinginan pencari.

Salah satu fiturnya yang cukup menarik adalah SafeSearch. Fitur ini membuat mesin pencari bisa memblokir hasil-hasil yang dianggap negatif dan membahayakan pengguna. Contohnya, SafeSearch akan menyingkirkan blog-blog yang dianggap tidak kredibel dan menggantinya dengan hasil pencarian dari situs-situs terkenal.

Mengatasi SafeSearch Tidak Bisa Dinonaktifkan

Di Indonesia, ternyata harus SafeSearch dinyalakan secara permanen oleh semua provider internet lokal Indonesia. Ini merupakan salah satu langkah agresif dari Menkominfo (pemerintah) untuk memblokir semua konten negatif dari hasil pencarian Google.

Karena tindakan agresif pemerintah itu, maka anda tidak bisa menonaktifkan SafeSearch bahkan jika anda membuka bagian setelan dari mesin pencarian Google.

Namun, ada kalanya SafeSearch tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ada beberapa kasus yang melaporkan bahwa SafeSearch mengakibatkan hasil pencarian tidak relevan dan sedikit melenceng. Sekarang, saya akan membagikan cara untuk mengatasi masalah SafeSearch yang tidak bisa dinonaktifkan.

Mengatasi SafeSearch Tidak Bisa Dinonaktifkan

Fitur yang hebat belum tentu sempurna. Saya mencoba mencari tahu bagaimana caranya agar saya bisa menggunakan Google seperti biasa, tanpa SafeSearch. Akhirnya saya mendapatkan beberapa cara di bawah ini.

Ganti domain akhir

Google hadir di berbagai region negara, dan Indonesia berakhiran .co.id. Google juga hadir secara international dengan domain .com sehingga meskipun anda membuka yang domain .com sekalipun maka SafeSearch juga akan aktif.

Pencarian Dengan SafeSearch
Pencarian Dengan SafeSearch

Pencarian Tanpa SafeSearch
Pencarian Tanpa SafeSearch

Saya mencoba untuk membuka Google dari region Singapore, yaitu dengan akhiran .com.sg. Hasilnya, SafeSearch tidak aktif dan performa Google tetap seperti biasa.

Tentu saja anda akan mendapatkan beberapa hasil yang sedikit berbeda.

VPN (Virtual Private Network)

Menggunakan VPN bisa dibilang adalah cara yang paling ampuh. Anda hanya perlu mencari region negara mana yang tidak mengunci SafeSearch, dan anda bisa menggunakan Google seperti biasa.

Dengan menggunakan VPN, lokasi anda juga disembunyikan dan tidak bisa di-tracking oleh situs yang anda kunjungi sehingga mengurangi resiko peretasan. Mengingat SafeSearch menghilangkan hasil yang membahayakan, maka dengan anda mematikan fitur tersebut anda bisa saja masuk ke dalam situs yang berbahaya. Menggunakan VPN bisa mengurangi resiko-resiko tersebut.

Subtitusi mesin pencari lain

Cara ini tidak saya sarankan, namun bagi tidak ada salahnya bagi anda yang ingin mencoba. Menggunakan mesin pencari lain, artinya anda juga tidak akan mendapatkan hasil sebaik yang anda dapatkan di Google mengingat adanya perbedaan algoritma.
Baca juga: 5 Search Engine Selain Google!
Akhir kata, apapun yang anda lakukan untuk menonaktifkan SafeSearch tentu anda harus siap menerima resikonya. Gunakan internet dengan bijak.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *