Cara Mudah Mulai Menabung Saham di Sekuritas

June 07, 2018
Anda tentu sudah sering mendengar istilah pasar modal atau pasar saham. Salah satu opsi investasi yang cukup menarik adalah dengan menanamkan modal di pasar saham. Tapi bagaimana cara memulainya? Apakah anda perlu menghubungi perusahaan satu per satu jika anda ingin menanamkan modal? Tentu tidak.

Salah satu cara mudah untuk berpartisipasi dalam pasar modal adalah dengan mendaftarkan diri anda ke sekuritas terpercaya. Sekuritas adalah lembaga pengelola aset keuangan sekaligus sebagai perantara antara calon penanam modal dengan perusahaan. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan saya bahas secara lengkap.

Sekuritas

Cara memulai investasi saham

Pertama-tama anda bisa memilih satu di antara banyak perusahaan sekuritas di Indonesia. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, bahwa sekuritas di sini hanya berperan sebagai perantara saja, bukan perencana keuangan ataupun penerima dana talangan dari anda. Jadi harga naik atau turunnya saham tidak bergantung pada sekuritas namun bergantung pada kondisi pasar dan ekonomi saat itu.

Kantor sekuritas biasanya banyak berada di office building, meskipun ada juga yang di ruko. Anda bisa mulai masuk dan mendaftarkan diri anda sebagai calon investor.
Anda akan diberikan formulir pengisian data untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) sekaligus persetujuan antara sekuritas dan anda. Pastikan anda membaca pasal-pasal yang ada
Anda memerlukan sebuah akun email aktif yang akan digunakan untuk menerima informasi seperti pengumuman atau pemberitahuan khusus. Pastikan anda menulis email dengan benar.

Setelah anda mengisi dan menandatangani formulir yang diberikan, maka anda hanya perlu menunggu sampai Rekening Dana Nasabah siap dan anda mendapatkan id investor anda.
Ingat! Anda harus menjaga keamanan id dan PIN investor anda karena inilah yang akan digunakan untuk anda mulai melakukan transaksi jual beli saham. Pastikan juga anda tidak lupa id, password, maupun PIN yang diberikan.

Mulai bertransaksi

Setelah rekening dana anda jadi, anda perlu menyetorkan sejumlah dana ke sana. Setelah anda menyetorkan dana ke Rekening Dana Nasabah maka anda bisa menggunakannya untuk membeli saham pilihan anda.

Saham merupakan surat berharga dan bukti jika anda telah berinvestasi di sebuah perusahaan. Kode saham perusahaan terdiri dari 4 huruf dan terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Pastikan anda sudah mengecek profil masing-masing perusahaan sebelum anda mulai memutuskan untuk berinvestasi di sana.

Sebagai pengingat, saham merupakan instrumen investasi dan bukan perjudian atau gambling. Satu hal yang harus diingat bahwa tidak ada hasil yang instan. Begitu anda menanam modal tentu tidak langsung mendapatkan return dan memerlukan waktu. Pelajari hal-hal penting sebelum anda mulai melakukan jual beli saham.

Pastikan juga anda sudah mendapatkan akses ke aplikasi trading yang disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat anda mendaftar. Untuk menentukan keputusan jual atau beli, anda perlu membaca berita di media massa dan bukan berdasarkan feeling.

Beberapa contoh aplikasi monitoring harga saham adalah Yahoo Finance atau Google Stocks. Anda bisa memantau pergerakan harga saham lewat aplikasi mobile secara real time.

Ingat anda hanya bisa melakukan transaksi jual beli saham ketika pasar modal masih beroperasi (buka mulai pukul 10.00 dan tutup di pukul 16,00).

Selamat berinvestasi!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *