Cara dan Keuntungan Menggunakan Non Tunai (Cashless) Dalam Transaksi Sehari-hari

May 19, 2018
Akhir-akhir ini OVO, yang merupakan layanan uang elektronik besutan Lippo Group mulai gencar melakukan promosi dan pengenalan produk ke masyarakat luas. OVO sudah gencar diberlakukan di semua mitra pusat perbelanjaan partner yang bekerja sama dengan OVO. Seperti, semua mall Lippo Group, Pakuwon Mall Surabaya, The Park Mall Solo, dan hampir semua mall di Jakarta.

Selain OVO, Go-Pay juga mulai gencar dipromosikan. Awalnya, Go-Pay hanya digunakan untuk transaksi di layanan Go-Jek saja. Namun, seiring berjalanannya waktu Go-Pay berubah menjadi layanan uang elektronik yang praktis dan mudah. Bahkan pada waktu event kuliner yang lalu pun, Go-Pay bisa digunakan sebagai opsi pembayaran.

Di sini saya tidak membahas penggunaan e-toll, karena sudah diwajibkan oleh pemerintah. Namun, yang akan saya bahas adalah penggunaan uang elektronik di kehidupan sehari-hari, bahkan sampai transaksi di pasar tradisional sekalipun!

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik

Lalu, apa saja sih kelebihan menggunakan uang elektronik ini? Apa bedanya dengan menggunakan uang fisik? Tentu saja banyak keuntungan menggunakan uang elektronik daripada uang fisik. Berikut beberapa diantaranya :
  1. Promosi. Tentu saja karena jumlah penggunanya yang masih sedikit, banyak promosi yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan uang elektronik. Seperti cashback atau diskon khusus. Contoh, OVO memberikan cashback hingga 30% dari total transaksi sedangkan T-Cash memberikan cashback dan saldo gratis kepada pengguna loyalnya.
  2. Praktis. Dengan menggunakan uang elektronik, maka anda tidak perlu disibukkan dengan uang kembalian atau lembaran-lembaran uang yang cukup merepotkan dan beresiko. Anda hanya perlu menggunakan handphone anda dan melakukan tap atau foto Barcode yang disediakan merchant. Belum lagi anda juga tidak perlu menghitung kembalian yang cukup memakan waktu (apalagi jika tidak ada kembalian).
  3. Mudah untuk transaksi dengan jumlah besar. Bayangkan jika anda melakukan transaksi dengan nominal 10 juta? Berapa lembar uang yang akan anda keluarkan? Dengan uang elektronik, maka anda tidak akan lagi menemui masalah jika ingin melakukan transaksi dengan jumlah besar.
  4. Dukungan untuk e-commerce. Tidak perlu lagi pergi ke atm untuk transfer dan upload bukti transfer. Hanya dengan klik dan tap maka transaksi beres dan anda tinggal menunggu barang sampai. Layanan uang elektronik juga umumnya sudah mendukung untuk pembelian pulsa, token listrik, sampai pembayaran asuransi dan cicilan bulanan.
  5. Loyalty Program. Bagi anda yang sering menggunakan uang elektronik dari vendor tertentu, maka anda bisa berkesempatan mendapatkan privilege tambahan seperti diskon tambahan atau produk gratis. Bentuk loyalty program ini juga bisa beragam, seperti menggunakan poin atau stempel elektronik.
Baca Juga : Menggunakan Uang Digital Elektronik (E-Money) Mudah dan Praktis
Lalu, apa bedanya dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit? Jangan salah, cukup banyak perbedaannya lho! Berikut beberapa kelebihan uang elektronik dibandingkan kartu debit dan kredit
  1. Tanpa limit. Seperti yang kita ketahui, layanan perbankan kartu kredit dan debit dikenakan limit harian untuk transaksi. Seperti kartu debit reguler yang dibatasi sampai 10 juta per harinya. Penggunaan kartu debit dan kredit juga sangat bergantung pada keberadaan mesin EDC (Electronic Data Capture), sedangkan untuk layanan uang elektronik non bank ini hanya memerlukan kode barcode.
  2. Keamanan yang lebih. Anda tentu pernah mendengar praktik kejahatan skimming bukan? Skimming merupakan tindak kejahatan cyber crime dimana si pelaku mengumpulkan data perbankan pribadi korban dari kartu dengan menggunakan teknik tertentu. Dengan berbekal layanan uang elektronik masa kini, maka anda tidak akan terkena skimming lagi karena anda tidak perlu menggunakan kartu.
  3. Tanpa rekening dan syarat. Dalam membuka rekening baik kartu debit dan kartu kredit, anda tentu akan diberikan syarat-syarat tertentu. Bahkan untuk nomor rekening reguler sekalipun anda tetap dikenai syarat yaitu harus membuka di kota yang alamatnya sesuai dengan KTP anda. Dengan menggunakan uang elektronik masa kini, anda bisa membuka rekening dimanapun dan kapan pun hanya dengan berbekal Hand Phone saja.
Dengan segudang kelebihan yang sudah disebutkan di atas, tentu anda berpikir bagaimana cara menggunakan layanan yang serba praktis ini? Caranya mudah, cukup download aplikasi vendor uang elektronik yang anda inginkan dan daftar. Tidak banyak syarat yang dibutuhkan selain nomor handphone dan e-mail aktif.

Lalu bagaimana cara membayar dengan layanan ini?
  1. Pertama, pastikan merchant atau toko yang anda datangi mendukung cara pembayaran dengan uang elektronik
  2. Tanyakan kepada penjual metode apa yang didukung oleh merchant. Biasanya sudah mendukung dengan sistem barcode.
  3. Scan barcode yang diberikan dan masukkan nominal yang disepakati.
  4. Proses! Dan transaksi selesai.
Untuk ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication), maka anda bisa melakukan tapping ke NFC tag yang disediakan merchant atau ke mesin EDC yang tersedia.
Artikel tentang NFC :Near Field Communication, Terobosan Baru Untuk Smartphone
Praktis dan mudah bukan? Bagaimana? Tertarik untuk mulai menggunakan uang elektronik? Sebagai informasi, saya sudah menggunakan T-Cash dan Go-Pay sebagai sarana pembayaran uang elektronik saya.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *