Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Auto Ads Google AdSense

April 30, 2018
Sudah lebih dari 10 tahun Google AdSense menjadi pioneer dalam jaringan periklanan online di dunia dan Indonesia. Banyak pemilik website atau blog mendapatkan penghasilan dari Google AdSense sambil terus memproduksi konten atau hobi mereka.

Selama 10 tahun juga lah Google AdSense terus berinovasi. Mulai dari menyediakan berbagai jenis iklan, sistem penyaringan pendaftaran, sampai inovasi antar muka aplikasi. Semakin lama semakin terasa juga kekuatan Google AdSense ini dalam perekonomian.

Auto Ads Google AdSense

Belakangan ini, mulai diperkenalkan unit iklan Google AdSense yang terbaru yaitu Auto Ads. Pada awal tahun 2015 lampau, Google sempat merilis Auto Ads versi beta dan hanya penayang yang lolos seleksi mereka lah yang boleh memasang unit iklan auto ads di blog atau situs mereka. Namun, sekarang auto ads terbuka untuk semua publisher (kecuali matched content) dengan syarat akun mereka sudah disetujui oleh Google.

Apa itu Auto Ads?

Diartikan dari namanya, auto ads berarti iklan otomatis dan memang begitu kenyataannya. Pada jaman dulu, semua penayang AdSense harus membuat setiap unit iklan yang mau ditampilkan di situs mereka dan mengatur peletakannya sendiri. Namun, sejak auto ads dirilis dan dibuka untuk semua penayang, maka hanya perlu satu kode saja yang ditempatkan di susunan situs dan semua urusan periklanan akan ditangani langsung oleh Google baik secara jumlah maupun penempatannya.

Ini juga berbarengan dengan dihapuskannya kebijakan batas iklan. Pada jaman dulu, penayang hanya diijinkan untuk memasang maksimal 3 unit iklan interaktif dan 2 unit iklan link. Namun, semenjak auto ads diperkenalkan, aturan ini sudah tidak berlaku.

Penerapan unit iklan auto ads

Seperti yang sudah saya infokan sebelumnya, dengan memasang auto ads maka hanya perlu satu kode saja untuk mengatur semua urusan periklanan. Semua jenis iklan mulai dari iklan interaktif, in feed ads (iklan di daftar artikel), in article ads (iklan di dalam konten artikel), sampai dengan page level ads (Vignete ads, anchor ads, dan matched content) akan ditangani oleh Google kecuali iklan tautan.

Pengaturan Auto Ads

Lalu bagaimana cara memasang unit iklan auto ads? Anda bisa mendapatkan kodenya langsung di dasbor AdSense. Cukup membuka menu Ad Unit maka anda akan langsung melihat menu auto ads.

Anda bisa mengatur segalanya di sana. Seperti pengaturan tipe iklan maupun pengaturan khusus untuk URL tertentu. Sangat mudah dan praktis.

Masih tahap pengembangan

Sayangnya performa auto ads sepertinya masih perlu tahap pengembangan. Ada beberapa kasus dimana auto ads tidak bekerja secara baik dan benar. Iklan yang muncul, bisa terlalu banyak dan tidak beraturan. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengatur unit iklan secara manual seperti biasa sambil tetap menggunakan auto ads.

Dengan ini maka kesulitan penayang AdSense dalam mendapatkan penghasilan akan semakin mudah. Saya yakin, suatu hari performa auto ads ini akan sempurna dan membuka jalan baru bagi para penayang AdSense untuk mengoptimalkan penghasilannya.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *