Jangan Khawatir! Semua Orang Berjalan di Waktunya Sendiri

April 23, 2018
Jaman semakin berubah. Bahkan dalam 1 dekade terakhir saja sudah sangat banyak perubahan. Bidang teknologi, pendidikan, ekonomi, dan lain-lain. Perubahan jaman yang begitu cepat membuat banyak kekhawatiran pada generasi muda sekarang ini.

Saya juga berprofesi sebagai guru les lembaga bimbingan belajar (selain agen properti dan agen asuransi), kerap mendengan keluhan-keluhan dari anak didik. Bermacam-macam, mulai kegelisahan saat ujian, bagaimana rencana setelah lulus, apakah bisa mendapatkan pekerjaan setelah selelsai sekolah, dan lain-lain.

Tentu saya tidak bisa menjawabnya, karena belum saatnya dijawab. Memang, pada saat saya masih seumuran mereka saya juga banyak bertanya bagaimana nasib saya selanjutnya. Namun, pada kenyataannya perubahan-perubahan yang tidak diprediksi sebelumnya terjadi pada diri saya.

Jangan Khawatir! Semua Orang Berjalan di Waktunya Sendiri

Semua orang berjalan di waktunya masing-masing

Jika banyak dari generasi sekarang mau terburu-buru untuk menentukan nasibnya, maka ini salah kaprah. Banyak kejadian-kejadian yang tidak sesuai rencana. Bahkan pendirian blog ini sebenarnya tidak direncanakan untuk membahas masalah sosial dan keuangan, namun pada akhirnya saya bisa membahasnya dan ini benar-benar diluar rencana saya.

Ada banyak orang yang lulus kuliah di usia 21, namun baru mendapatkan pekerjaan ideal di usia 28 tahun. Tapi ada juga orang yang lulus kuliah di usia 25, namun langsung mendapatkan pekerjaan ideal segera setelah lulus. Ada orang yang menikah dengan acara yang sangat meriah, namun kandas dalam waktu beberapa tahun saja. Ada yang bahkan menikah tanpa acara, namun bisa langgeng sampai akhir hayat.

Ada pula orang yang menggebu-gebu mengambil jurusan arkeologi saat kuliah, namun setelah lulus malah menjadi artis. Ada pula orang yang sangat tertutup saat sekolah, namun setelah bekerja menjadi seorang marketing handal.

Kolonel Sanders (pendiri KFC), sukses di usia 65 tahun. Bill Gates menemukan Microsoft yang merupakan sistem operasi komputer terbesar di dunia bahkan tanpa memerlukan gelar, Mark Eliot Zuckerberg dinobatkan menjadi miliarder muda pada umur 26 tahun. Dan masih banyak lagi kisah-kisah orang yang inspiratif baik yang dipublikasikan maupun yang tidak.

Nokia jatuh setelah hegemoni puluhan tahun, Yahoo! runtuh ketika Google datang, BBM jatuh saat WA datang menyerang, taksi konvensional mulai ditinggalkan ketika taksi online masuk pasar, travel agent mulai gulung tikar semenjak Traveloka dan sejenisnya ditemukan. Tidak sedikit juga posisi yang sudah di atas bisa menjadi di bawah dalam waktu singkat.

Kehidupan berjalan begitu dinamis. Kita bisa memprediksi apa yang akan kita lakukan di hari esok namun kita tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi di hari esok. Apakah emas yang hari ini kita pegang akan tetap kita pegang terus selama kita hidup juga tidak ada yang tahu.

Kekhawatiran tentang masa depan tentu diperlukan agar kita berusaha untuk mengejar masa depan yang lebih baik. Namun, kekhawatiran yang terlalu berlebihan bahkan sampai membuat pemikiran menjadi skeptis tentu juga tidak baik.

Maksimalkan apa yang akan dilakukan pada hari ini, dan hentikan kekhawatiran yang tidak perlu. Akhir kata, selamat memperjuangkan masa depan anda masing-masing. Ingat, setiap orang berjalan pada waktunya sendiri-sendiri. Anda selamanya tidak akan bisa menjadi orang lain, jadilah diri anda sendiri!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *