Begini Cara Menjadi Pemandu Wisata Lokal Di Google Maps

April 18, 2018
Jaman dulu, orang-orang memerlukan tour guide untuk mencari spot-spot makan, berbelanja, atau tempat menginap sebelum berangkat ke suatu kota atau daerah, atau minimal bertanya ke teman yang sudah pernah ke sana.

Masalahnya adalah, bagaimana jika belum ada teman yang pernah ke tujuan anda? Sedangkan seorang tour guide, bisa saja mereferensikan tempat berdasarkan komisi yang didapatkan (ingat bahwa banyak oknum guide yang tidak profesional dalam memberikan referensi). Salah-salah malah anda tidak mendapatkan pengalaman yang berkesan di tempat tujuan anda nanti. Rencana liburan malah jadi rusak.

Google Local Guide

Google, menghadirkan layanan Maps sejak awal 2005 silam. Semakin hari, Google memberikan update-update yang membuat aplikasi maps ini semakin pwoerfull. Mulai dari update traffic secara real time, sampai tur virtual dengan street view.

Beberapa waktu belakangan ini, Google mulai menggalakkan layanan Local Guide. Apa itu Local Guide? Sesuai namanya, dengan Local Guide, anda bisa membantu para turis menemukan tempat yang nyaman serta cocok dengan budget para pengunjung. Yaitu mulai dengan memberikan review atau foto sampai dengan memberikan rating layanan dan menjawab pertanyaan seputar lokasi.

Tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menjadi seorang Local Guide, cukup dengan berbekal Google Maps dan GPS saja. Setiap kali anda mengunjungi suatu tempat, maka anda akan diberi notifikasi oleh Google Maps untuk meninggalkan review tentang tempat tersebut. Nantinya, review ini yang akan dibaca oleh orang-orang yang akan mengunjungi tempat tersebut ke depannya.

Anda tidak harus datang ke lokasi untuk melakukan review. Anda bisa melakukan review dengan menekan lokasinya saja di Google Maps. Ingat, Google Maps hanya memberikan seputar pertanyaan tambahan tentang tempat-tempat di sekitar rumah tinggal saja. Artinya, anda tidak akan mendapatkan tawaran untuk mereview Mall di Jakarta apabila anda tinggal di Semarang.

Local Guide juga memberikan sistem leveling. Bahkan saya sendiri sudah mencapai level 5 karena selalu meninggalkan rating dan review setiap kali singgah di suatu tempat guna membantu orang lain mengambil keputusan. Setiap local guide akan mendapatkan lencana khusus setiap mencapai level tertentu.
Baca Juga Sensasi Keliling Kota Dengan Google Street Views
Lalu benefit apa yang akan didapatkan orang yang membantu ini? Tenang saja, Google akan rutin memberikan anda voucher diskon tenant sesuai level anda. Artinya, semakin tinggi level anda, semakin besar pula diskon yang didapatkan.

Anda juga bisa menambahkan informasi yang kurang untuk tempat tertentu. Misalnya menambahkan jam operasional atau melengkapi alamat. Semua yang anda lakukan akan mendapatkan sejumlah poin untuk naik level.

Dengan begini, para turis baik asing maupun domestik bisa memastikan mereka bisa mendapatkan pengalaman yang semaksimal mungkin saat berlibur atau mengunjungi tempat tertentu serta menghindari penipuan atau scam. Semua orang bisa menjadi Local Guide tanpa terkecuali, dengan syarat anda memiliki perangkat yang bisa mengakses Google Maps, akun Google, serta koneksi internet. Yuk jadi pemandu wisata lokal di Google Maps!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *