12 Idiom China yang Terhubung dengan Sheng Xiao (Bagian 2)

Sebelumnya saya sudah membuat bagian satunya di blog ini sekitar 2 minggu yang lalu, anda bisa melihatnya di link di bawah ini:
Nah, sekarang saya akan melanjutkan ke idiom selanjutnya. Sebenarnya total dari keseluruhan idiom ini hanya sebelas, karena khusus shio babi ternyata tidak ada idiomnya.

Chinese Idioms

马到成功 (ma dao cheng gong)


Arti : 比喻成功容易,一开始就取得胜利 (bi yu cheng gong rong yi - yi kai shi jiu qu de sheng li), mengibaratkan seseorang yang sangat mudah menuai sukses, sekali memulai langsung menuai kesuksesan.
Penjelasan : Semakin baik kualitas seekor kuda, semakin cepatlah ia tiba di tujuan. Begitu juga manusia, jika kualitas manusia tersebut bagus (tidak lembek), maka semakin mudahlah ia mencapai kesuksesan.

亡羊补牢 (wang yang bu lao)


Arti : 出了问题才想办法补救 (chu le wen ti cai xiang ban fa bu jiu) begitu muncul masalah, baru mencari cara untuk menyelesaikannya.
Penjelasan : Peribahasa ini muncul dari sebuah cerita, dimana ada seorang penggembala domba yang suatu hari mendapati dombanya telah hilang satu. Ia mengira kalau dombanya pasti dimangsa oleh seekor serigala dari luar peternakan karena ia melihat terdapat jejak kaki serigala, dan ia juga berpikir pasti ada pagar yang rusak, sehingga serigala bisa masuk dan mencuri dombanya.

Ketika ia pergi untuk memeriksa kerusakan, benarlah bahwa ada pagar yang rusak dan menimbulkan celah yang cukup besar sehingga seekor serigala bisa masuk dan memangsa dombanya. Namun, sayangnya dia tidak memutuskan untuk memperbaiki pagar tersebut dengan asumsi "ah, domba sudah hilang satu, untuk apa aku perbaiki pagar ini? Toh juga tidak akan kembali".

Namun, suatu hari, ia mendapati lagi kejadian yang sama dimana dombanya hilang dimangsa oleh serigala lagi, barulah ia menyesali keputusan sebelumnya dan mulai memperbaiki pagar peternakan yang rusak.

Bila ada suatu masalah, jangan tunggu sampai masalah berikutnya muncul sebagai efek dari masalah sebelumnya baru memikirkan jalan keluar. Sebaiknya, setiap masalah segera diselesaikan secepat mungkin, karena dalam hidup, masalah tidak hanya satu buah.

猴子吃辣椒 - 抓耳挠腮 (hou zi chi la jiao - zhua er nao sai)


Arti : 形容焦急气恼,没有办法的情态 (xing rong jiao ji qi nao, mei you ban fa de qing tai). Memiliki rasa gelisah dan emosi yang tidak bisa diutarakan.
Penjelasan : Apa jadinya kalau anda melihat monyet memakan cabai (猴子吃辣椒)? Pasti monyet tersebut tidak tahu bagaimana cara mengekspresikan rasa kepedasan yang tidak tertahankan tersebut di hadapan anda bukan? Nah, bila ada seseorang yang sedang bingung bagaimana melampiaskan kekesalan atau sesuatu yang dirasakannya, maka idiom ini cocok untuknya.

黄鼠狼给鸡拜年 - 没安好心 (huang shu lang gei ji bai nian - mei an hao xin)


Arti : 比喻给人们没安全感也没有一点好心 (bi yu gei ren men mei an quan gan ye mei you yi dian hao xin). Ibarat memberikan sesuatu kepada seseorang tanpa sedikitpun maksud baik
Penjelasan : 黄鼠狼 (musang) tidak mungkin memberikan 拜年 (pai pai saat imlek) kepada 鸡 (ayam). Ini menggambarkan orang yang memiliki maksud tersembunyi, tidak ikhlas dalam memberikan sesuatu kepada orang lain atau bisa juga untuk mengibaratkan orang yang bermuka dua.

狗拿耗子 - 多管闲事 (gou na hao zi - duo guan xian shi)


Arti : 比喻做外行事或多管闲事 (bi yu zuo wai xing shi huo duo guan xian shi). Ibarat orang yang terlalu banyak mengurusi urusan orang lain.
Penjelasan : Jika anda sering melihat kartun (Tom and Jerry), tikus adalah musuh kucing bukan? Tapi kenapa anjing jadi ikut-ikut mengejar tikus (狗拿耗子)?  Berarti kan anjing tersebut mengurusi hal yang bukan menjadi urusannya. Nah, idiom ini digunakan untuk menggambarkan orang yang memiliki sifat seperti itu.

Nah, selesai sudah artikel tentang idiom ini. Menarik bukan? Semua idiom yang berhubungan dengan shio ini menggambarkan watak-watak manusia, dan kebanyakan juga digunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang budaya di Tiongkok. Salam!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "12 Idiom China yang Terhubung dengan Sheng Xiao (Bagian 2)"