Memantau Efektifitas Link Dengan Page Analytics

November 28, 2015
Link telah menjadi sarana lalu lintas baik antar halaman maupun antar situs dalam dunia internet. Suatu link bisa dikatakan sukses apabila memiliki jumlah klik yang besar. Beberapa perusahaan juga membuat layanan untuk melakukan pantau jumlah klik dari sebuah link, salah satu layanannya adalah URL Shortener.

Page Analytics
Tampilan Page Analytics di laman

Namun, anda tidak mungkin menyingkat semua URL yang ada, lalu memantaunya satu persatu bukan? Kalau iya, butuh berapa lama waktu untuk memantau efektifitas link anda? Belum lagi, jika situs anda memiliki jumlah link yang tidak sedikit. Dan juga ada beberapa link yang tidak bisa diconvert, contohnya adalah link yang digunakan dengan javascript. Karena itu ada tools ini.

Page Analytics adalah alat untuk menganalisis jumlah klik yang terjadi dengan format persentase. Artinya, setiap link yang ada akan dianalisa oleh tools ini dengan rumus jumlah klik yang terjadi suatu link dibagi dengan jumlah visitor , lalu dikali seratus persen. Tools ini akan menganalisa semua link meskipun link tersebut dibuat dengan script (contohnya adalah multi tab navigation atau menu navigasi horizontal).

Page Analytics merupakan tools besutan Google yang dibuat sebagai pengaya browser. Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu untuk memulai menggunakan, dan hanya situs yang diotorisasi oleh e-mail yang terdaftar yang dapat dianalisis jumlah kliknya.

Page Analytics juga bisa dinyalakan dan dimatikan sesuai kebutuhan agar browser tidak bekerja begitu berat. Selain untuk menganalisa efektifitas link, page analytics juga dilengkapi dengan laporan langsung dari Google Analytics (walaupun tidak selengkap di versi situsnya). Anda juga bisa mengganti parameter laporan dengan mengeklik mendu dropdown yang berada di samping masing-masing parameter (kecuali untuk Real Time Visitor). Jika anda ingin langsung menuju halaman Google Analytics, maka anda bisa mengeklik tautan View In Google Analytics yang terletak tepat di samping logo.

Analisa link dari Page Analytics berbentuk seperti kotak-kotak berwarna oranye (bisa diganti) yang terletak di samping masing-masing link. Di sana hanya tertlis persentasenya saja, untuk mengetahui laporan lebih lanjut, anda cukup melakukan hover di kotak tersebut.

Tools ini sebenarnya untuk membantu kinerja dari Google Publisher Tools, dimana disana hanya diberikan sedikit laporan dari Google Analytics. Page Analytics berguna untuk melengkapi laporan yang belum lengkap tersebut, sekaligus memberikan kepraktisan bagi pengguna Google Analytics dalam memantau performa situs. Jika anda tertarik, anda bisa langsung mengunduhnya di Toko Web Chrome atau Pengaya Firefox.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

Write Comments
November 29, 2015 at 4:36 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
AUTHOR
November 29, 2015 at 6:03 AM delete

baru tau klo ada gitu gan

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *