Gelombang Bono Yang Indah Namun Menakutkan

Ombak memiliki banyak manfaat seperti untuk olahraga, petani garam (ombak pasang), objek wisata, dll. Salah satu gelombang laut yang menakjubkan adalah Gelombang Bono. Gelombang Bono  merupakan salah satu objek wisata di Teluk Meranti, Riau.

Gelombang Bono merupakan gelombang besar yang banyak dimanfaatkan oleh para peselancar. Gelombang ini terjadi akibat pertemuan arus Sungai Kampar dengan arus Laut Cina Selatan dan arus dari Selat Malaka. Arus yang tercipta sangat besar, kuat, dan tinggi. Tinggi Gelombang Bono dapat mencapai 4 - 6 meter dan diiringi suara gemuruh yang kencang.Gelombang Bono sering terjadi di pertengahan musim penghujan, yaitu sekitar bulan November dan Desember.
gelombang bono

Secara sederhana, terjadinya Gelombang Bono adalah karena pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu meneuju hilir. Di dalam kajian Lingkungan Fluida Mekanik, Gelombang Bono masuk dalam kategori Tidal Bore, yaitu fenomena hidrodinamika yang terkait dengan pergerakan massa air di mana gelombang pasang menjalar ke hulu dengan kekuatan yang sangat besar dan bersifat merusak.

Beberapa faktor timbulnya Gelombang Bono :

1. Aliran air sungai menuju utara
2. Curah hujan
3. Kondisi Pasang/Surut
4. Posisi fase bulan
5. Ketinggian air

Beberapa fakta menarik Gelombang Bono :
- Bono terdapat di dua lokasi yaitu Muara Kampar dan Muara Sungai Rokan. Masyarakat setempat menyebut Bono di Kampar sebagai Bono Jantan karena lebih besar. Sedangkan Bono di Rokan disebut sebagai Bono Betina karena lebih kecil.
- Kata "Bono" berarti jelmaan dari tujuh makhluk halus. Gelombang ini dinamakan seperti itu karena kekuatannya yang besar sehingga dapat menimbulkan banyak kapal yang karam.

Tidak semua muara sungai ataupun teluk dapat membangkitan gelombang menakjubkan seperti ini. Beberapa tempat lain yang memiliki fenomena unik ini adalah:

1. Batang Lumpar (Malaysia)
2. Sungai Siene (Prancis)
3. Sungai Amazon (Brazil)
4. Sungai Gannga (Italia)

Karena tidak semua tempat di dunia ini dapat memiliki fenomena seperti ini, maka sudah sepantasnyalah kita sebagai warga negeri ini, harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta kita harus merawat dan menjaga agar daerah tempat fenomena ini berlangsung tidak menjadi rusak.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

2 comments for "Gelombang Bono Yang Indah Namun Menakutkan"

  1. saya paling takut klo sama yang namanya gelombang gan, takut ke seret ke tengah laut, heheh,,

    ReplyDelete
  2. ilmu baru, kalo ada video animasi atau peraganya ane betah berlama-lama gan :D

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.