Menguak Kekuatan Email Profesional dan Seberapa Pentingnya Di Dalam Bisnis

2/22/2020
Anda seharusnya sudah pernah melihat email berakhiran domain sendiri (contoh: admin@google.com). Apakah anda pernah bertanya, mengapa perlu menggunakan email-email dengan akhiran seperti itu? Padahal untuk membuat email berakhiran domain pribadi, perlu membayar biaya berlangganan?

Email seperti ini biasanya kita sebut sebagai email professional. Mengapa profesional? Sebab kita menggunakan alamat sendiri (tidak numpang rumah orang lain), sehingga kesannya kita benar-benar otentik dan tak bisa ditiru. Coba anda bandingkan antara admin@xinfczd.com dengan admin-xinfczd@gmail.com. Mana yang lebih baik?

Menguak Kekuatan Email Profesional dan Seberapa Pentingnya Di Dalam Bisnis

Tentu ada alasan dan keuntungan sendiri jika anda menggunakan email professional, terutama untuk dunia bisnis. Kalau tidak, siapa yang mau membayar? 

Mengenal Kelebihan Email Profesional

Sekarang mari kita bedah satu per satu apa saja kelebihan dari penggunaan email profesional ini. Terutama untuk bisnis.

Identitas yang jelas dan konsisten

Baik pemilik maupun karyawan semua menggunakan email berakhiran yang sama. Identitas perusahaan pun bisa semakin kuat, dan tentu saja semakin tidak bisa dipalsukan. Jika anda masih menggunakan alamat email dengan akhiran pihak ketiga, tentu bukan berita baru lagi kan kalau email anda bisa ditiru?

Dengan menggunakan email profesional yang diakhiri domain sendiri, maka sudah tidak mungkin lagi email anda bisa ditiru sebab tidak ada yang boleh membuat domain dengan alamat yang 100% sama. Ditambah lagi, anda bisa lebih bebas menulis nama email tanpa perlu takut kalau nama tersebut sudah digunakan orang lain. Jauh lebih menunjukkan kesan elit kan?

Brand awareness yang lebih tinggi

Faktanya, klien akan jauh lebih percaya terhadap email yang dilengkapi dengan domain dari perusahaan. Saya sendiri jauh lebih tertarik untuk membuka email yang memiliki domain professional, dibandingkan dengan menggunakan email pribadi. Bahkan jika itu adalah promosi.

Anda pun bisa menciptakan kesan kerja sama yang profesional. Dan juga meningkatkan kepercayaan klien terhadap jasa yang anda gunakan, sebab anda menunjukkannya dengan menggunakan email profesional ini.

Nilai plus juga akan anda dapatkan jika semua karyawan menggunakan email berakhiran sama. Anda tidak perlu repot-repot menjelaskan bahwa itu adalah email rekan kerja atau bawahan anda, sebab akhiran email sudah cukup menjelaskan.

Anti Fraud

Dengan menggunakan email professional, nama perusahaan anda akan jauh lebih sulit ditiru daripada dengan email biasa. Ditambah, anda bisa membuat pengumuman resmi tanpa bisa disangkal sebab anda hanya satu-satunya yang memegang alamat email resmi.

Ini juga mengurangi penipuan lowongan kerja, yang biasa dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di lapangan.

Kontrol Lebih Luas

Semua akun email professional selalu berada di bawah satu naungan yang dikontrol oleh seorang admin. Misalnya, jika anda menggunakan layanan email profesional G-Suite maka anda bisa mengontrol semuanya dari sana. Anda pun juga bisa memodifikasi badan email menjadi email dinamis dan melakukan blast ke banyak penerima sekaligus (hati-hati spam).

Keuntungan Email Professional

Lalu Bagaimana Caranya Berlangganan Email Profesional?

Mudah sekali, anda hanya perlu mencari layanan penyedia email domain yang berkualitas seperti yang ada di situs penyedia hosting, seperti rumahweb, qwords, AnekaHosting, dan lain-lain. Setelah anda menyewa hosting sesuai kebutuhan, anda bisa langsung melakukan setting pembuatan email pada cPanel.

Hubungi Customer Service tempat anda menyewa hosting, jika anda tidak menemukan cara untuk membuat email profesional sendiri.

Strategi Penggunaan Email Profesional

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, dengan menggunakan email profesional maka anda sudah selangkah lebih jauh daripada mereka yang masih menggunakan email pribadi. Ditambah dengan strategi-strategi di bawah ini, maka kekuatan identitas email profesional anda akan semakin kuat. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan:
  • Menambahkan email profesional anda ke dalam kartu nama, akun media sosial, sampai signature email untuk meningkatkan brand awareness
  • Meletakkan email profesional ke dalam iklan, sehingga menambah kesan kebonafidan usaha anda
  • Memberikan kontak email profesional kepada klien, untuk menumbuhkan kepercayaan pada usaha anda.
  • Tambahkan logo resmi di profile photo email profesional yang anda gunakan.
Tunjukkan email profesional anda kapan pun anda berurusan dengan hal yang berhubungan dengan bisnis. Ingat engagement tinggi dihasilkan dari keterlihatan yang tinggi juga, jadi sering-seringlah melakukan ekspos email profesional anda kapan pun.

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *