Adakah Angka Di Atas Triliun? Mengenal Angka Ekstrim

5/02/2019
Angka adalah sebuah perwujudan persepsi manusia terhadap jumlah. Seperti yang kita ketahui, tidak ada batas digit maksimal dari angka mulai dari minus tidak terbatas sampai plus tidak terbatas.

Namun, tentu rasa ingin tahu kita selalu ingin mengetahui sejauh apa angka bisa diekspresikan. Kita semua sudah tahu bahwa ukuran angka terbesar yang paling awam sekarang ini adalah triliun atau 12 angka nol. Nah, bagaimana jika penyebutan di atas triliun, apakah ada?

Adakah Angka Di Atas Triliun? Mengenal Angka Ekstrim

Angka besar atau angka ekstrim

Ternyata, masih ada penyebutan untuk angka di atas triliun. Diataranya adalah quadrillion (15 angka nol), quintillion (18 angka nol), dan terus sampai yang sejauh ini kami ketahui yaitu centillion atau 303 angka nol.

Tentu saja ini jumlah yang sangat besar sekali bukan. Lalu, untuk apa diciptakan? Karena sepertinya masih belum ada manusia yang memiliki uang sebesar angka-angka ekstrim itu dan kita sangat jarang sekali menemukan jumlah sebesar itu.

Kegunaan angka ekstrim

Angka ini banyak digunakan dalam dunia sains. Tentu saja beberapa benda dengan berat yang luar biasa berat seperti bumi atau yang luar biasa ringan seperti atom perlu diekspresikan dengan angka besar ini.

Dua aturan

Ternyata, ada dua aturan yang mengatur jumlah dari angka-angka ekstrim ini. Yaitu, aturan US dan aturan Eropa Tengah. Kita mengikuti aturan US karena jauh lebih mudah dimengerti daripada aturan Eropa Tengah.

Perbedaan kedua aturan ini terletak di selisih angka nol-nya. Dimana aturan US, menetapkan selisih 3 angka nol di setiap tingkatan, sedangkan Eropa Tengah 6 angka nol. 

Informasi tambahan

Ada beberapa penyebutan informal seperti Googol, yang merupakan asal usul serta dasar ideologi dari nama Google yang bernilai 100 angka nol. Selanjutnya masih ada Googolplex yang memiliki nilai sebesar 10 pangkat Googol.

Fakta menariknya, Google menggunakan nama Googol ternyata tidak terlepas dari arti Googol itu sendiri. Dengan menggunakan nama Googol, Google berharap ia bisa menyediakan informasi sebesar angka Googol di database-nya, dan sepertinya ini sudah terlaksana dengan baik hari ini.

Perlu diketahui juga bahwa negara barat banyak menggunakan kata "Zillion" sebagai ekspresi terhadap jumlah yang tidak diketahui besarnya secara informal.

Jadi, sekarang anda sudah tahu bukan kehadiran angka di atas triliun?

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *