Mengenal Apa Itu Rekening Bersama Atau Rekber

October 04, 2018
Semakin hari, semakin banyak jumlah transaksi di dunia online. Karena alasan praktis dan tidak perlu keluar rumah, jutaan orang lebih memilih untuk membeli kebutuhan atau keinginan mereka dari situs online.

Namun, karena semuanya tidak dilakukan dengan bertatap muka, maka sangat rawan sekali terjadi penipuan. Bahkan meskipun kita melakukan transaksi lewat platform besar sekalipun, tidak ada jaminan kalau transaksi dan barang anda bisa selesai sesuai ekspetasi.

Berbagai usaha untuk mengurangi jumlah penipuan pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan rekber atau Rekening Bersama. Beberapa platform e-commerce skala nasional sudah menggunakan rekber untuk melindungi pembeli maupun penjual. Contohnya adalah Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

Mengenal Apa Itu Rekening Bersama Atau Rekber

Nah, bagaimana cara kerja rekber ini? Sebenarnya rekber ini tidak berbeda dengan pihak penengah atau perantara transaksi. Dalam transaksi "offline", dimana terjadi tatap muka dan tidak adanya anonimitas, maka layanan rekber tidak dibutuhkan. Namun, jika anda melakukan transaksi via internet, maka menggunakan layanan rekber yang terpercaya sangat direkomendasikan.

Berikut tahap-tahap transaksi dengan menggunakan rekber:
  1. Pilih layanan rekber yang kredibel. Menggunakan layanan rekber abal-abal maka sama saja bohong. Tapi, dengan menggunakan rekber maka anda juga perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Biaya yang diperlukan pun bervariasi, tergantung bagaimana kesepakatan anda dengan pihak rekber.
  2. Cari penjual yang mau menggunakan rekber. Pada dasarnya, jika transaksi berjalan dengan Gentleman agreement atau komitmen yang kuat dari kedua belah pihak, maka keberadaan rekber tidak ada efeknya untuk sisi penjual. Namun, karena komitmen dari setiap orang berbeda-beda, maka rekber dibutuhkan. Waspada jika penjual menolak menggunakan jasa rekber.
  3. Kirim pembayaran barang dan biaya rekber ke rekening rekber. Uang anda akan aman di rekening pihak rekber sampai anda memutuskan bahwa transaksi sudah settled dan semuanya sudah sesuai dengan persetujuan. Apabila transaksi ternyata tidak sesuai dengan kesepakatan awal, maka uang akan dikembalikan.
  4. Transaksi selesai dan uang akan dikirmkan ke pihak penjual sesuai dengan harga yang disepakati.
  5. Jangan lupa berikan testimoni utuk pihak penjual dan rekber agar usaha mereka semakin besar sekaligus memberantas penipuan.
Meskipun sudah ada layanan rekber, maka anda tetap wajib untuk waspada dan mencari informasi dan latar belakang penjual sebelum melakukan transaksi. Ingat, jangan dengan mudah tergiur dengan harga murah dan testimoni yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Anda bisa gunakan fasilitas search engine Google untuk melihat apakah ada keluhan.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *