Cara Menyelesaikan Persamaan Reaksi Kimia Online

May 03, 2018
Pelajaran kimia merupakan salah salu pelajaran yang cukup sulit di tingkat SMA. Bahkan, banyak murid yang mengatakan kalau kimia bisa lebih sulit daripada matematika sekalipun.

Salah satu hal yang membuatnya menjadi cukup sulit adalah bab yang saling berhubungan. Artinya, pelajaran yang diterima saat di kelas X, akan terus digunakan sampai dengan kelas XII. Meskipun ada bab yang juga dipelajari secara lepas (contoh : Koloid), namun bab selanjutnya pasti akan berhubungan lagi entah dengan bab yang mana.

Nah, salah satu bab yang akan terus digunakan adalah bab tentang stokiometri tentang persamaan reaksi. Di bab apapun di pelajaran kimia, pasti ada saja soal yang mewajibkan siswa harus mengerjakan stokiometri persamaan reaksi terlebih dahulu.

Tools Online Kimia

Banyak siswa yang kemudian menjadi bingung dengan cara untuk menyetarakan reaksi, terutama jika penyetaraannya cukup kompleks. Padahal, belum tentu semua siswa yang mengambil jurusan IPA akan konsentrasi ke materi kimianya.

Untuk itu, sekarang saya akan memperkenalkan tools yang bisa digunakan untuk mengerjakan stokiometri persamaan reaksi secara online tanpa download! Ya, cukup bermodal Google Chrome dari HP, maka murid langsung bisa mengakses situs ini.

Situs ini beralamat di https://www.webqc.org/balance.php. Secara antarmuka, situs ini tidak menggunakan banyak penghias sehingga membuatnya sangat ringan dan cepat. Cocok dibuka dalam kondisi internet yang lambat.

Tools ini bisa membantu kalian untuk mengerjakan PR Kimia yang mengandung materi stokiometri persamaan reaksi. Cukup buka situsnya dan tuliskan persamaan reaksi yang akan disetarakan lalu tekan tombol "Balance", maka persamaan reaksi akan setara secara otomatis.

Bahkan jika kamu hanya mengingat namanya (tapi dalam bahasa Inggris), maka bisa hanya dengan menuliskan namanya saja maka alat ini langsung bisa membaca dan menyetarakan secara otomatis dan dilengkapi dengan rumus senyawanya. Sangat praktis.

Tidak hanya menyetarakan secara otomatis, alat ini juga bisa membantu kamu menghitung mol dan massa. Termasuk juga nilai Massa Atom Relatif (Mr) sudah dimasukkan dalam tabel dan bisa langsung disalin ke buku PR-mu.

Ternyata situs ini tidak hanya menyediakan alat untuk menyetarakan reaksi. Ada juga tools-tools lain untuk membantu mengerjakan tugas kimia, seperti :
  1. Menghitung Massa Molar
  2. Menghitung pH
  3. Tabel Periodik (khusus bagi kamu yang sering lupa membawa tabel periodik). Dan dalam tabel periodik ini sudah disediakan pula konfigurasi elektronnya (menggunakan metode subkulit spdfg)
  4. Daftar konstanta
Nah, dengan begini sudah tidak ada alasan lagi susah mengerjakan soal kimia. Kehadiran alat ini hanya untuk membantu jika memang soal dirasa terlalu sulit dan sudah tidak ada jalan keluar lagi. Tetap rajin belajar dan hafalkan rumus yang ada. Bagaimana pun, sekolah tetap mewajibkan siswanya untuk menguasai level minimal untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Semangat!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *