Youtuber Dan Blogger, Mana Yang Lebih Enak?

March 31, 2018
Jaman sekarang, internet seharusnya tidak hanya digunakan untuk update status saja. Sok eksis di sosial media seharusnya sudah tidak jamannya lagi, karena untuk menjadi eksis yang sebenarnya, ada jalannya sendiri kok! Dan tentu saja memberi manfaat kepada orang lain dan diri sendiri.

Anda tentunya sering mendengar istilah blogger dan vlog. Vlog merupakan singkatan dari video blogging (yang biasanya menggunakan platform Youtube atau vimeo). Orang yang mengerjakan kegiatan Vlog sering disebut sebagai Youtuber (karena memang popularitas Youtube lebih tinggi daripada vimeo) dan mereka rajin mengupload video ke kanal atau channel mereka dengan tema khusus yang unik serta menarik. Kesuksesan Youtuber ini bisa dilihat dari total subscriber yang dimiliki dan jumlah tayangan dari setiap video yang ditayangkan ataupun jumlah like and share yang terjadi di videonya.

Blogger x Youtuber

Sedangkan blogger adalah orang yang menggunakan kemampuannya untuk menulis dan berbagi informasi (biasanya menggunakan platform blogspot dan wordpress). Blogger biasanya juga akrab dengan yang namanya teknik SEO (sangat njelimet). Blogger biasanya menulis berdasarkan niche (topik) yang berorientasi pada keahlian atau minat dan hobi dari sang blogger sendiri. Ada blogger yang merangkap sekaligus sebagai webmaster, dan ada blogger yang berbentuk tim (author sendiri dan webmasternya sendiri). Nah, mana yang lebih oke?

Yang jelas kedua platform adalah milik Google


Baik Blogspot maupun Youtube, keduanya adalah layanan Google. Jadi pastikan anda memiliki akun Gmail untuk menjadi bagian dari keduanya atau salah satunya. Karena keduanya milik Google, maka anda tentunya harus mematuhi semua peraturan yang dikeluarkan oleh pihak Google. Google sangat tidak menyukai konten plagiarisme dan asal-asalan, jadi pastikan jika anda ingin menjadi seorang blogger maupun youtuber, jangan hanya bermodal copas.

Youtuber bekerja keras di pembuatan film, blogger di SEO


Youtuber biasanya akan kesulitan di bagian pembuatan film, mulai dari skenario, casting, sampai eksekusi. Makanya, hampir mustahil jika seorang youtuber ingin mengupload video setiap harinya (kecuali kalau hanya video tentang tutorial komputer yang hanya merekam layar). Sedangkan seorang blogger pasti pusing dengan teknik SEO, dimana teknik tersebut dibutuhkan agar konten sang blogger bisa terbaca dan ditemukan dengan mudah di Search Engine, terutama SE Google.

Istilah di blogger lebih kompleks


Dalam kegiatan blogging, tentunya ada istilah-istilah tidak umum seperti backlink, riset keyword, HPK, optimasi meta tag, dan lain-lain. Sedangkan dalam Youtube, semua sudah tersedia dan anda tidak bisa melakukan manipulasi yang terlalu ekstrim (seperti modifikasi halaman contohnya), yang harus anda lakukan hanyalah membuat film yang menarik dan bermutu lalu mempromosikannya agar orang lain melihat dan mengapresiasi video anda.

Youtuber lebih dituntut untuk nyeni


Anda tentu tidak mau ada dislike yang "mendarat" di video anda bukan? Nah, oleh karena itu seorang youtuber dituntut untuk kreatif dalam membuat video.  Sedangkan blogger hanya perlu nyeni di bagian template dan web design saja (atau mungkin juga gambar, dan biasanya gambar seadanya juga sudah cukup karena tulisan lebih diutamakan). Dengan kata lain, youtuber dituntut untuk memiliki rasa seni yang "nggak ada matinya" agar video yang diupload memiliki ciri khas dan selalu dicari orang. Sedangkan blogger harus menguasai materi yang ditulis (tentunya tidak dibutuhkan sense of arts yang terlalu njelimet) untuk mengundang loyal visitor.

2 platform berbeda, 1 cara monetasi


Ini dia manfaat untuk diri sendiri, yaitu bisa digunakan untuk mencari uang. Keduanya bisa dimonetasi dengan menggunakan jaringan periklanan terbesar di dunia, Google AdSense dimana Google AdSense memberikan bayaran untuk setiap view yang valid (tambah jika ada klik yang terjadi) untuk youtuber, dan memberikan bayaran untuk setiap klik dan tayangan dan valid (tergantung dari tawaran pengiklan) untuk blogger.

Contoh Youtuber sukses dan Blogger sukses


Youtuber (nama channel) :
Blogger (judul situs) :
Kembali lagi ke pertanyaan awal, mana yang lebih oke? Sebenarnya semua tergantung dengan kemampuan anda. Happy surfing! Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *