Memanfaatkan Geo Tagging Untuk Menandai Lokasi Foto

March 29, 2018
Meskipun fungsi ini sudah hadir sejak lama sekali pada ponsel, namun tidak banyak yang menggunakan fasilitas ini. Banyak orang hanya mendengar dan membaca istilah geo tagging pada kamera yang terdapat pada ponsel. Tahukah anda kegunaan Geo Tagging ini?

Secara pengertian, geo- tagging adalah "penanda tempat". Artinya, fungsi ini digunakan untuk menandai di lokasi mana foto diambil menggunakan kamera tersebut. Fasilitas Geo Tagging hanya bisa diaktifkan jika anda juga mengaktifkan fungsi GPS (Global Positioning System) pada ponsel.

Geo Tagging

Nantinya, dalam foto anda akan ditandai di koordinat mana gambar diambil yang selanjutnya akan bisa dilihat dari Google maps atau aplikasi navigasi lainnya. Terlihat simpel, namun fungsi ini ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak terduga, berikut di antaranya :

Membantu mengingat ingat lokasi

Sering kali anda lupa di mana sebuah foto diambil, padahal anda ingin ke sana lagi. Fasilitas Geo Tagging tentu akan sangat membantu anda. Cukup tekan "Show on Maps" pada aplikasi galeri di ponsel, maka anda akan ditunjukkan di mana lokasi gambar diambil. Ingat, mungkin lokasi tidak akan akurat 100% (bisa karena perangkat GPS yang kurang baik atau kualitas internet saat mengambil gambar yang sedang buruk). Tapi, ini akan membantu sedikit bagi anda untuk mengingat ingat di mana foto anda diambil.

Membantu laporan

Seorang atasan mungkin tidak percaya kalau anda sudah mampir ke lokasi yang ditentukan dan mengambil gambar di sana. Tambahkan fungsi Geo Tagging pada saat mengambil gambar dan tunjukkan ke atasan anda, maka atasan anda akan langsung bisa mengecek kebenaran laporan anda. Tanpa perlu beradu argumen.

Kebutuhan Navigasi

Anda mungkin sering kesulitan utnuk berkoordinasi dengan teman anda saat akan janjian di lokasi tertentu. Nah, anda dan teman anda bisa menggunakan foto yang dilengkapi Geo Tagging untuk membantu navigasi dan koordinasi antara teman anda dan anda sendiri.

Cukup saling berkirim foto yang sudah dipasang Geo Tagging, maka anda bisa menanyakan jalan selanjutnya dan teman anda bisa mengarahkan anda untuk menentukan jalan yang harus anda lalui selanjutnya. Cukup membantu bukan?

Fungsi Geo Tagging ini punya banyak keuntungan, meskipun tidak semua orang tahu dan menggunakan fungsi ini. Bahkan, saya pun sebenarnya hanya tahu tapi tidak pernah menggunakan (dan akhir-akhir ini mulai sering menggunakan). Foto yang sudah dipasang Geo Tagging juga bisa dibagikan tanpa menghilangkan Geo Tagging itu, jadi tidak perlu khawatir.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *