Pepatah Yang Memiliki Invers

August 09, 2015
Pepatah pasti bersifat nasehat bukan? Nasehat tersebut disampaikan dalam perumpamaan atau lewat makna dalam kalimat kiasan yang indah. Gaya bahasa kental seperti retoris, personifikasi, dan lain lain juga banyak digunakan dalam pepatah apapun.

pepatah beserta plesetan

Namun, kocaknya ada beberapa pepatah yang dibuat invers (Berlawanan) dengan makna dari pepatah tersebut. Invers ini tidak menjatuhkan makna, namun lebih ke pemikiran logis agar orang yang membaca pepatah tersebut tidak mengartikannya mentah-mentah. Berikut beberapa pepatah yang saya maksud beserta inversnya.
  1. Jangan mengingat kejahatan orang lain, namun ingat wajah dan namanya. Sang pembuat invers pasti berkeinginan agar anda tidak berkelakuan bodoh. Disaat seseorang melakukan kejahatan terhadap anda, anda memang dianjurkan untuk tidak mendendam. Namun realistis saja, tidak mungkin anda mau berhubungan dengan orang yang sudah menjahati anda kan?
  2. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, namun akan lebih nyaman untuk menangis di Mercedes Benz daripada sepeda. Banyak orang mengatakan bahwa uang bukan alat untuk mengukur kebahagiaan. Memang ada benarnya, namun bukan berarti anda tidak boleh mencari uang demi memenuhi keinginan anda bukan?
  3. Uang bukanlah segalanya, namun tanpa uang segalanya menjadi tiada. Anda dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan uang anda. Pepatah ini hanya mengajarkan anda untuk tidak mendewakan uang, namun bukan berarti anda tidak perlu cari uang sama sekali.
  4. Sering-sering menolong agar nama anda selalu diingat, tapi awas nama anda hanya diingat ketika mereka menghadapi masalah lagi. Menolong sesama memang wajib hukumnya, karena anda sendiri tidak mungkin hidup tanpa pertolongan orang lain bukan? Namun anda tetap dituntut untuk berpikir kritis. Ada beberapa orang yang anda tolong yang hanya mengingat nama anda saat ia dalam masalah lagi.
  5. Hidup bagai roda berputar, maka hentikan roda anda ketika posisi anda sedang di atas. Ini adalah salah satu invers yang tidak mungkin. Jika anda berniat menghentikan roda kehidupan anda, maka berarti anda juga melawan hukum alam yang mengatur perputaran hidup manusia. Tapi tidak ada salahnya juga jika anda mampu melakukannya.
  6. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tapi lebih baik lagi jika anda bisa tepat waktu. Ketepatan jadwal kadang menjadi masalah di kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang yang memiliki banyak acara dalam satu hari. Pepatah ini mengatakan bahwa lebih baik anda terlambat karena setidaknya anda masih melakukan kegiatan tersebut daripada tidak sama sekali. Tapi bukannya lebih baik anda berusaha untuk tepat waktu kan?
Pepatah dibuat untuk mengingatkan kita ketika kita sedang "lupa daratan". Kita juga dituntut untuk membaca dan menerapkannya dalam hidup. Namun kehidupan ini berjalan dinamis, anda tidak mungkin menerapkan pepatah mentah-mentah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *