Cara Screenshot Dari PC dan Laptop Langsung Tanpa Software

PC atau personal komputer (terutama OS Windows) memang sebuah perangkat yang multi guna. Sedahsyat-dahsyatnya kekuatan sebuah smartphone atau tablet, tetap saja ada banyak kegiatan yang masih belum bisa diakomodasi oleh perangkat pintar tersebut, contoh paling mudah adalah edit video (secara profesional).

Bagaimana untuk urusan screenshot? Memang, untuk komputer urusan screenshot ternyata caranya cukup unik dan tidak semua orang awam yang menggunakan komputer tahu caranya mengambil screenshot tanpa bantuan software. Lain halnya dengan smartphone atau tablet, dimana mereka bisa menggunakan kombinasi tombol atau pun gestur yang secara otomatis mengambil gambar layar.

Screenshot lewat PC
Screenshot di PC tanpa bantuan software? Mudah kok!

Selama ini, software yang cukup terkenal untuk membantu urusan screenshot di PC adalah Lightshot, dimana anda cukup memasang plugin lightshot di PC dan anda bisa dengan mudah mengambil screenshot. Tapi, tahukah anda kalau mengambil gambar layar di PC sebenarnya tidak perlu bantuan software?

Caranya adalah dengan menggunakan tombol Print Screen/Sys Rq yang biasanya terletak di sebelah tombol Scroll Lock pada keyboard. Memang, setelah tombol tersebut ditekan kita tidak secara otomatis mendapatkan gambar yang kita inginkan, namun masih tersimpan dalam bentuk cached copy yang harus kita paste-kan terlebih dahulu agar gambar bisa muncul. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Tentunya anda harus menentukan apa yang akan di-screenshot terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Prt Scrn/Sys Rq pada keyboard anda.
  3. Buka software pengolah gambar (seperti Paint atau Adobe Photoshop) lalu tekan tombol Ctrl + V (Shortcut untuk paste).
  4. Gambar anda sudah jadi, silahkan disimpan dalam folder agar bisa digunakan.
Yang begini jelas lebih praktis bukan? Anda tidak perlu mencari-cari plug in atau software khusus terlebih dahulu untuk melakukan screenshot. Ya, memang beberapa laptop sudah dilengkapi dengan software bawaan seperti snipping tool. Tapi kalau ada yang langsung, kenapa tidak?

Oh ya, pastikan anda langsung melakukan paste begitu selesai menekan tombol Prt Scrn/Sys Rq, karena jika anda kelupaan, lalu secara tidak sengaja melakukan copying, maka gambar anda akan hilang dan tidak akan bisa dikembalikan kecuali anda melakukan langkah-langkah dari awal lagi. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin melakukan screenshot lewat PC tanpa bantuan software. Salam!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

4 comments for "Cara Screenshot Dari PC dan Laptop Langsung Tanpa Software"

  1. Klo mao screen pc/komputer dengan software bisa juga menggunakan Lightshot gan :)

    ReplyDelete
  2. iya gan aq kalo screnshot pake cara gtu lebih cpat dan praktis

    ReplyDelete
  3. memang lebih enak langsungan ya. Daripada pake software...ribet dulu.

    ReplyDelete
  4. saya biasa pakai trik diatas untuk screenshot belum pernah pake trik selain itu

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.