Apa Saja Pelajaran Mandarin Dasar Yang Diajarkan Ke Pemula?

April 15, 2018
Mempelajari suatu bahasa, tentu saja tidak bisa instan dan serba mendadak. Banyak dasar-dasar dan pengenalan yang diajarkan terlebih dahulu sebelum memasuki level yang lebih tinggi. Bahasa Mandarin, termasuk bahasa yang cukup sulit pembelajarannya, bagaimana tahap-tahap awal dalam mempelajarinya?

Seperti yang kita ketahui bahwa karakter bahasa Mandarin adalah piktograf yang artinya berupa gambar dan tidak tersusun dari abjad yunani. Dalam bahasa yang menggunakan piktograf, biasanya tidak ada hubungan antara cara baca, pelafalan, dan tulisan karakternya.

Apa Saja Mandarin Dasar Yang Diajarkan Ke Pemula

Maka dari itu, diperlukan dasar yang kuat agar bahasa menjadi lebih mudah dipelajari. Kali ini saya akan memberikan informasi bagi anda yang ingin memulai belajar bahasa Mandarin baik di lembaga pendidikan maupun overseas study. Berikut daftarnya.

Ting Li (听力)

Pelajaran Ting Li atau mendengarkan diajarkan kepada murid dengan tujuan agar murid mulai membiasakan diri mendengarkan pelafalan mandarin. Sebagai informasi, cara baca pinyin sangat jauh berbeda dan terasa twisting jika dibandingkan dengan cara baca huruf latin.

Dengan mempelajari Ting Li pada level pemula, diharapkan kedepannya murid bisa mendengar bagaimana orang Tiongkok melafalkan bahasa mereka. Pada level yang lebih tinggi, kecepatan dan intonasi akan semakin mirip dengan percakapan sehari hari.

Kou Yu (口语)

Kou Yu merupakan pelajaran melafalkan. Pada tahap awal hanya akan diajarkan bagaimana memperkenalkan diri atau mengucapkan salam terhadap orang lain. Di pelajaran Kou Yu, akan diperkenalkan sistem nada dan aturan nada dalam bahasa Mandarin.

Bagi orang yang baru mempelajari bahasa Mandarin, mungkin akan kesulitan karena tidak terbiasa melibatkan nada dalam pembicaraan. Sangat disarankan untuk tidak terburu-buru dalam melafalkan pada pelajaran awal karena akan berpengaruh pada kemampuan berbicara nantinya, ikuti saja sesuai dengan level yang saat ini dipelajari.

Mandarin Character

Dalam pelajaran Mandarin Character, anda akan diajarkan bagaimana menulis karakter mandarin dengan baik dan benar. Seperti yang kita ketahui, bahwa karakter mandarin cukup unik karena harus ditulis sesuai dengan urutan dan aturannya. Di pelajaran inilah anda akan mempelajari asal-usul karakter (seperti sejarah, radical, dan komponen) serta bagaimana langkah-langkah yang benar dalam menulis karakter mandarin.

Pada level yang lebih tinggi, anda akan dituntut untuk menulis dengan indah. Salah satu fakta yang mengejutkan adalah estetika penulisan ternyata menjadi standar penilaian dalam ujian HSK (Han Yu Shui Ping Kao Shi - 汉语水平考试 ).

Wen Hua (文化)

Di mana kaki berpijak, di situ langit dijunjung. Mempelajari bahasa Mandarin tentu akan lebih lengkap jika mempelajari budayanya juga. Di sini anda akan mempelajari bagaimana budaya dan tradisi tiongkok serta hal-hal yang dianggap menguntungkan maupun yang tabu dilakukan.

Ada beberapa hal yang membuat orang tiongkok ini lain. Di pelajaran Wen Hua (budaya), anda akan diajarkan tentang sheng xiao (生肖 - Shio) serta peribahasa yang berkaitan dengan itu, dan ternyata anda akan dirasa cukup hebat dalam berbahasa apabila bisa menggunakan idiom China dalam bahasa sehari-hari!

Jing Du (精读)

Seperti judulnya, Jing Du atau pelajaran membaca adalah pelajaran dimana anda akan belajar bagaimana membaca teks mandarin dengan lancar dan benar. Pada level awal, anda masih dipandu dengan pinyin di bawah teks agar lebih mudah dipelajari. Namun, pada level tinggi anda akan belajar bagaimana membaca teks berita hingga subtitle film tanpa menggunakan pinyin.

Jing Du, bisa dibilang merupakan pelajaran yang tersulit (bahkan lebih sulit daripada Kou Yu maupun Mandarin Character). Banyak pemula (yang kala itu termasuk saya), menemui kesulitan begitu pinyin dihilangkan. Karena ini artinya anda harus hafal dan mengerti bagaimana teks dibaca termasuk dengan aturan nada dan cara bacanya. Hal yang membuat semakin sulit adalah ada banyak karakter Hanzi yang hampir sama bentuk maupun pelafalannya.

Itulah beberapa pelajaran Mandarin pemula yang akan diajarkan di awal-awal masa pembelajaran. Sebagai informasi tambahan, bagi anda yang ingin melanjutkan studi perguruan tinggi di Tiongkok, biasanya akan ada pelajaran bahasa terlebih dahulu selama 1 tahun untuk memastikan anda sudah menguasai bahasa Mandarin sebelum masuk ke kelas perkuliahan.

Tapi jika anda ingin langsung masuk kelas perkuliahan tanpa harus mengikuti kelas bahasa, maka anda bisa mendaftar ke overseas study partner yang ada di Indonesia. Pihak universitas hanya memerlukan keterangan kalau anda lulus dengan baik di lembaga overseas study partner di Indonesia sebagai acuan dan anda bisa langsung masuk kelas tanpa harus mengikuti kelas bahasa terlebih dahulu.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *