Mengenal Apa Itu Program Loyalty Sebagai Penghargaan Untuk Pelanggan

Memberi pelayanan lebih kepada pelanggan adalah aturan yang wajib hukumnya bagi semua pelaku usaha di dunia ini. Tanpa adanya pelanggan tetap, sebuah usaha tidak akan bisa berkembang dengan baik.

Ada banyak cara untuk memberikan pelayanan lebih untuk para pelanggan setia dalam suatu perusahaan. Seperti memberikan reward, diskon khusus, buyer get buyer, sampai yang cukup populer saat ini yaitu memberikan Program Loyalty.

Mengenal Apa Itu Program Loyalty Sebagai Penghargaan Untuk Pelanggan

Seperti namanya, loyalty adalah kesetiaan. Maka jika anda ingin menggunakan layanan ini syaratnya adalah anda harus sering-sering menggunakan suatu layanan. Lalu apa untungnya mengikuti program loyalty? Berikut beberapa alasannya :

1. Mendapatkan Reward

Ada beberapa layanan yang menyediakan reward dengan menggunakan loyalty program. Contohnya adalah GrabRewards dan Go-Points. Dengan menggunakan layanan secara terus-menerus, maka anda akan mendapatkan sejumlah poin yang pada nantinya bisa ditukar dengan reward yang menarik (Go-Point bahkan menawarkan Sepeda Motor Royal Enfield, Paket Umroh, dan IPhone X untuk pengguna yang sering menggunakan Go-Jek).

Semakin sering menggunakan, maka semakin besarlah hadiah yang bisa anda dapatkan.

2. Bisa mengumpulkan point untuk voucher

Salah satunya adalah Ponta (Point Terminal) yang merupakan program loyalty rewards yang bekerja sama dengan banyak merchant sekaligus (Alfamart, Solaria, dan lain-lain).

Sistem dalam pengumpulan point biasanya adalah mengonversi nilai transaksi ke nominal point. Misalnya, ponta yang memberikan 1 point bagi anda yang membelanjakan uang senilai 200 rupiah. 1 point ini akan berlaku sebagai voucher senilai 1 rupiah.

Tentu jangan melihat anda mendapatkan point yang sedikit setiap transaksi. Ingat bahwa point diberikan secara cuma-cuma tanpa syarat. Saya pun juga sudah sering menggunakan Ponta ini untuk berbelanja dan cukup memiliki nilai.

3. Diskon Spesial

Ada layanan yang memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang mengikuti loyalty rewards. Misalnya, anda akan mendapatkan diskon 10% jika menggunakan Reward BCA daripada yang tidak menggunakan Reward BCA.

Sangat disarankan bagi anda yang sudah menjadi pelanggan tetap untuk mengikuti suatu program loyalty reward. Bayangkan saja jika satu kali transaksi senilai 200.000 dan mendapatkan diskon 10%, anda sudah menghemat 20.000. Bagaimana jika 100 kali transaksi? Mengingat anda adalah seorang pelanggan tetap.

4. Privilege Program

Beberapa merchant, seperti GrabRewards menggunakan sistem Tier Privilege atau hak khusus bertingkat. Semakin anda sering menggunakan layanan, maka semakin besar hak istimewa atau privilege yang anda terima.

Contohnya adalah GrabRewards yang menawarkan voucher berbeda untuk pelanggan yang berstatus Silver, Gold, dan Platinum. Bahkan anda bisa mendapatkan pelayanan spesial untuk bisa langsung menghubungi Customer Care Grab apabila status akun sudah mencapai Platinum!

Tentu saja anda harus sering menggunakan layanan-layanan tersebut jika ingin terus mendapatkan hak istimewa yang ditawarkan. Namanya juga Program loyalty rewards.

5. Program Afilasi

Bagi anda yang mengikuti program loyalty rewards, terkadang anda bisa memberikan referensi tentang layanan tersebut dan mendapatkan sejumlah rewards. Misalnya jika anda menggunakan Cashtree, maka anda akan mendapatkan sejumlah saldo gratis bagi anda yang mereferensikan Cashtree kepada pengguna baru.

Tentu ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (termasuk si pengguna baru), dimana perusahaan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru sedangkan si pemberi referensi mendapatkan hadiah sebagai seseorang yang memperkenalkan layanan perusahaan tersebut.

Banyak keuntungan jika anda menjadi pelanggan suatu perusahaan dan mengikuti program loyaltynya. Lalu bagaimana caranya untuk menjadi peserta? Biasanya anda pasti akan diberikan penawaran untuk ikut serta dengan program tersebut jika anda sudah cukup sering menggunakan layanan. Oleh karena itu, Program loyalty sangat bermanfaat untuk menjaga hati para pelanggan lama agar mereka tetap setia dan merasa dihargai.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Program Loyalty Sebagai Penghargaan Untuk Pelanggan"