Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA

Teknologi perbankan semakin hari sudah semakin canggih. Dulunya, sistem penarikan tunai mandiri tanpa teller bisa dibilang mimpi namun sekarang bahkan anda bisa menarik tunai di merchant-merchant tertentu.

Bank-bank pun sekarang mulai berlomba-lomba untuk berinovasi tentang bagaimana layanan mereka bisa lebih mudah dan lebih nyaman, namun tanpa mengorbankan sistem keamanan tertinggi yang bertugas untuk melindungi data dan uang nasabah. Salah satunya adalah invoasi cardless transaction atau transaksi tanpa kartu.
Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
BCA Mobile

Apa itu transaksi tanpa kartu? Yaitu ketika nasabah bisa melakukan kegiatan perbankan secara mandiri tanpa bantuan kartu ATM di mana saja dan kapan saja. Sebagian besar bank di Indonesia sudah mendukung teknologi ini, Salah satunya adalah BCA.

Mulai dari transaksi isi pulsa, bayar tagihan, cek saldo, transfer antar rekening baik bank yang sama atau pun bank yang berbeda semua sudah bisa dilayanai hanya dengan bantuan HP dan internet saja, tanpa kartu. Dan kali ini BCA juga menghadirkan sistem yang cukup membantu mempersingkat waktu antrian ATM, yaitu teknologi tarik tunai tanpa kartu.

Teknologi ini memungkinkan nasabah menentukan jumlah yang akan ditarik sebelum datang ke ATM. Ada berbagai macam pilihan paket tunai mulai 50.000 sampai dengan maksimal 1.250.000. Anda cukup modal HP, paket internet, serta aplikasi m-banking yang sudah terintegrasi dengan akun serta nomor anda. Lalu bagaimana caranya?

1. Buka aplikasi m-banking BCA di ponsel anda dan masukkan kode akses.

2. Pilih Tarik Tunai.

3. Pilih paket tunai yang diinginkan.

4. Isikan PIN m-BCA.

5. Anda akan mendapatkan kode berupa 6 digit angka yang harus anda masukkan di ATM nanti.

6. Ketika anda sampai di ATM, pilih tombol pojok kanan bawah.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Pilih Transaksi Tanpa Kartu

7. Pilih BCA Mobile.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Pilih BCA Mobile

8. Masukkan nomor HP anda yang terintegrasi dengan aplikasi.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Masukan Nomor HP

9. Isi 6 digit kode yang anda terima tadi.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Masukkan Kode Transaksi

10. Uang anda sudah keluar, anda tidak perlu menunggu Receipt keluar dan sisa saldo tidak akan ditampilkan yang artinya privasi anda aman.

Keuntungan Tarik Tunai Tanpa Kartu : Keamanan yang lebih tinggi dan anti skimming

Salah satu kelebihan dari sistem ini adalah anda tidak perlu memasukkan kartu ATM dan PIN di depan orang-orang. Anda bisa mempersiapkan transaksi di tempat yang memiliki privasi tinggi bagi anda. 

Mengingat rawannya kejadian skimming (Pencurian data pribadi nasabah lewat kartu ATM) yang terjadi akhir-akhir ini, dimana sudah saya katakan sebelumnya kalau anda tidak memerlukan kartu ATM. Maka, data dan uang anda akan aman.

Kelebihan yang lain adalah, teknologi ini akan mempersingkat antrian di ATM. Mengingat satu-satunya fasilitas ATM yang tidak ada di m-banking adalah tarik tunai (karena HP anda tidak mungkin bisa diisi uang fisik di dalamnya). Dengan ini, maka orang-orang tidak perlu memasukkan kartu dan PIN yang cukup memakan waktu, belum lagi waktu tunggu ketika memilih menu yang ada. Cukup dengan memasukkan kode dan nomor HP maka transaksi segera selesai.

Perlu diingat kalau tidak semua ATM BCA mendukung fitur ini, pastikan ATM yang dituju mendukung dengan cara mencoba menekan tombol pojok kanan bawah pada layar ATM. Apabila anda masuk ke menu pemilihan antara Sakuku dan BCA Mobile, artinya ATM sudah mendukung teknologi ini, namun bila sebaliknya maka ATM masih belum mendukung fitur tarik tunai ini.

Bagaimanapun tetap waspada dan berhati-hati saat berada di ATM. Pastikan anda tidak memilih ATM yang sepi demi keselamatan harta dan nyawa anda. Meskipun teknologi sudah semakin canggih, tidak berarti tindakan kriminal bisa berhenti begitu saja. Ingat, Kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA"