Cara Menyebutkan Waktu Dalam Bahasa Mandarin (Tanggal, Jam, Kalender)

Waktu adalah salah satu elemen utama kehidupan. Lalu, bagaimana cara menyebutkan waktu dalam bahasa Mandarin? Sebenarnya tidak terlalu sulit, karena tidak semua elemen dalam waktu diterjemahkan ke kata baru dalam Bahasa Mandarin.

Bagaimana Menyebutkan Waktu Bahasa Mandarin
Bagaimana Menyebutkan Waktu Bahasa Mandarin

Yang terpenting di sini adalah menghafal angka. Ya, menyebutkan waktu dalam bahasa Mandarin tak begitu berbeda dengan bahasa Indonesia. Lalu bagaimana caranya?

Menyebutkan dan menanyakan tanggal dalam Bahasa Mandarin

Dalam bahasa Mandarin, format penyusunan tanggal dibalik menjadi Tahun (年)/Bulan (月)/Hari (日). Nama bulan seperti Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember tidak diterjemahkan seperti dalam bahasa Inggris. Namun, hanya disebutkan dengan angka menurut urutan bulannya, berikut contohnya :
Tanggal 12 Agustus 2018 diterjemahkan menjadi 2018 年 8 月 12 日 / 号 (dibaca Èr líng yībā nián bā yuè shí'èr rì/hào).
Lihat? Tidak terlalu sulit kan? Bahkan membaca tahunnya saja jauh lebih sederhana daripada bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sekalipun, yang tetap harus dibaca menurut kaidah pembacaan angka. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat contoh kedua :
Tanggal 15 Mei 2017 diterjemahkan menjadi 2017 年 5 月 15 日 / 号 (dibaca Èr líng yīqī nián wǔ yuè shíwǔ rì/hǎo, bukannya Liǎng qiān líng shíqī nián wǔ yuè shíwǔ rì/hào)
Seperti yang saya katakan sebelumnya, hanya masalah apakah anda hapal angka satu sampai dengan sepuluh dalam bahasa Mandarin. Jika jawabannya adalah iya, maka tidak akan ada masalah.

Sekarang bagaimana jika kita mau bertanya "tanggal berapa sekarang?". bisa menggunakan kalimat "Jīntiān shì jǐ yuè jǐ hào? (今天是几月几号?)" dan jawabannya adalah "Jīntiān shì (Bulan) yuè (Tanggal) rì 今天是 (bulan) 月 (tanggal) 日".

Menyebutkan dan menanyakan jam

Begitu pula dengan jam, sama dengan tanggal tadi hanya masalah apakah anda hapal angka dalam bahasa Mandarin, bedanya yang sekarang sampai 59. Untuk format penulisan dan penyebutan tidak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berikut contohnya :
Pukul 12.00 siang akan diterjemahkan menjadi 中午十二点 (dibaca Zhōngwǔ shí'èr diǎn)
Tidak begitu berbeda bukan? Memang, juga harus hafal kata ganti penunjuk waktu pagi, siang, sore malam dan di dalam bahasa Mandarin lebih kompleks lagi karena ada enam jenis penunjuk waktu. Agar lebih mudah akan saya bantu uraikan di bawah ini

  • Zǎo shang (早上) untuk menunjukan waktu pagi (biasanya pukul 5 pagi sampai pukul 9 pagi)
  • Shàng wǔ (上午) untuk menunjukan waktu menjelang siang (biasanya mulai pukul 10 pagi sampai pukul 12 siang)
  • Zhōng wǔ (中午) untuk menunjukan waktu tepat pukul 12 siang
  • Xià wǔ (下午 ) untuk menunjukan waktu siang menjelang sore (biasanya mulai pukul 1 siang sampai sampai 4 sore)
  • Wǎn shàng (晚上) untuk menunjukkan waktu sore menjelang malam (biasanya mulai pukul 5 sore sampai 11 malam)
  • Bàn yè (半夜) untuk menunjukkan waktu larut malam (biasanya mulai pukul 12 malam sampai pukul 4 pagi)
Lalu bagaimana penunjuk waktu untuk jam dan menit? Tidak sulit. Silahkan lihat contoh di bawah ini
Pukul 12.15 pagi akan diterjemahkan menjadi 半夜十二点十五分 (dibaca Bànyè shí'èr diǎn shíwǔ fēn) atau 半夜十二点一刻 (dibaca Bànyè shí'èr diǎn yī kè)
Untuk waktu 30 menit atau setengah jam :
Pukul 03.30 sore akan diterjemahkan menjadi 下午三点三十分 (dibaca Xiàwǔ sān diǎn sānshí fēn) atau 下午三点半 (dibaca Xiàwǔ sān diǎn bàn)
Untuk menanyakan jam bisa menggunakan kalimat "Xiànzài jǐ diǎn? (现在几点?)" dan jawabannya " Xiànzài (Jam) diǎn (menit) fēn (现在 (Jam) 点 (menit) 分)".

Bagaimana kalau ingin menanyakan kapan? bisa menggunakan "Shénme shíhòu (什么时候)". Contoh :
Kamu kapan pergi ke China? diterjemahkan menjadi 你什么时候去中国? (dibaca Nǐ shénme shíhòu qù zhōngguó?)
Untuk format tulisan, juga sama dengan format percakapan. Sehingga, tidak perlu belajar dua kali.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan? Yang paling penting adalah terus belajar dan jangan berhenti berlatih bahasa Mandarin. Prinsip utama adalah apapun yang mau dipelajari dengan ketekunan pasti bisa pada akhirnya. Jia you!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Cara Menyebutkan Waktu Dalam Bahasa Mandarin (Tanggal, Jam, Kalender)"