Beberapa Contoh Pola Kalimat Bahasa Mandarin

January 15, 2016
Sebelumnya, saya sudah menulis pengertian dan aturan pola kalimat Bahasa Mandarin, maka sekarang adalah waktunya untuk menuliskan contoh-contoh pola tersebut. Namun, tidak mungkin saya tulis semuanya disini, mengingat jumlahnya yang tidak terhitung. Saya hanya akan memberikan beberapa, setidaknya bisa membantu anda jika hanya untuk sekadar percakapan sehari-hari, yuk disimak!

Pola Kalimat Bahasa Mandarin

1. 非。。。不可 (fei....bu ke)


Pola kalimat dengan rumus 非 (fei = tanpa) + 动词 (dong ci = kata kerja) + 不可 (bu ke = tidak boleh, singkatan dari 不可以) berarti wajib melakukan atau tidak afdol jika tidak dilakukan. Contohnya sebagai berikut:
在北京非去王府井不可 zai bei jing fei qu wang fu jing (salah satu pusat perbelanjaan besar di Beijing) bu ke (di Beijing, wajib pergi wang fu jing)
Anda tentu tidak wajib menggunakan pola kalimat ini di percakapan sehari-hari karena sedikit membingungkan. Anda bisa menggunakan 一定 (yi ding = pasti) atau 得 (dei = harus) sebagai gantinya.

2. 能 (x) 多少就 (x) 多少 (neng (x) duo shao jiu (x) duo shao)


Pola kalimat ini memiliki rumus 能 (neng = bisa/dapat) + 动词 (x) + 就 (jiu = penekanan (jiu tidak memiliki arti khusus)) + 多少 (duo shao = berapapun) + 动词 (x) + 多少, x disini artinya kedua 动词 harus sama. Pola kalimat ini memiliki arti jika bisa melakukan sekian ya cukup lakukan sekian, biasanya digunakan untuk menjawab keadaan jika anda sudah melakukan hal semaksimal mungkin namun ternyata hasilnya belum memuaskan. Berikut contoh kalimatnya
如果能做多少就做多少 ru guo neng zhuo duo shao jiu zuo duo shao (kalau bisa kerjakan sekian ya kerjakan sekian)
Pola kalimat ini terkadang memiliki dua arti, jadi perhatikan konteks percakapan atau teks agar anda mengetahui artinya dengan akurat. 

3 ...真不错 (... zhen bu cuo)


真不错 memiliki arti sangat bagus. Berbeda dengan 不错 yang memiliki arti ganda (menyindir atau memang benar memuji), 真不错 memiliki arti tunggal, artinya anda benar-benar sedang memuji bukannya menyindir. Pola kalimat ini memiliki rumus 形容词 + 真不错. Pola kalimat ini biasa digunakan jika anda terkesan dengan sesuatu, berikut contohnya
你的汉语真不错 ni de han yu zhen bu cuo (Kemampuan Bahasa Mandarinmu benar-benar bagus!)
真不错 juga bisa digantikan 很好 (hen hao = sangat baik) dengan bantuan kata bantu 得 (de untuk menjelaskan kata sifat).

4. ...以上 atau 以下 (.... yi shang atau yi xia)

以上 memiliki arti "lebih dari" sedangkan 一下 memiliki arti "kurang dari". Rumus dari pola kalimat ini adalah 数量词 (shu liang ci = bilangan) + 以上 (yi shang = diatas) atau 一下 (yi xia = dibawah). Cara menerjemahkannya harus dari belakang, contohnya
一米以上的小孩子得买票 yi mi yi shang de xiao hai zi dei mai piao (anak diatas 1 meter wajib membeli tiket)
Pola kalimat ini banyak digunakan sebagai syarat permintaan (sama seperti di indonesia) dan sangat awam.

5. 越来越。。。 (yue lai yue....)


越来越 digunakan untuk mengekspresikan keadaan yang semakin lama semakin mirip seperti keadaan sekarang jika dibandingkan dengan masa lalu. Pola kalimat ini memiliki rumus 越来越 + 形容词 atau 动词. Contoh kalimatnya:
坐飞机的人越来越多 zuo feiji de ren yue lai yue duo (orang yang naik pesawat semakin lama semakin banyak)
Contoh jika menggunakan 动词 :
我知道了你越来越喜欢吃中国菜 wo zhi dao le ni yue lai yue xi huan chi zhong guo cai (saya sudah tahu kamu semakin lama semakin menyukai makanan Tiongkok).
Masih banyak lagi pola kalimat Bahasa Mandarin yang lainnya, banyaklah belajar dari berbagai literasi  untuk bisa memahami dan mempelajari semuanya. Semoga proses belajar Bahasa Mandarin anda lancar! Salam.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
Mukhsin Pro
AUTHOR
January 17, 2016 at 12:10 AM delete

Bahasa mandarin mudah gak ya?

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *