Keunikan Vokal Mandarin "v"

October 18, 2015
"v"? Mana ada huruf vokal v? Sebenarnya bukan "v" sih. tapi penulisan yang benar adalah huruf u dengan 2 titik diatasnya. Sheng mu "v" ini adalah pembunuh bagi mereka yang baru belajar bahasa mandarin. Mengapa? Karena mereka pasti tertukar dengan pelafalan huruf "u" yang asli.

U topi


Lalu bagaimana cara membaca sheng mu unik ini? Cara membaca yang benar adalah mulut terlihat sepert sedang mengucapkan huruf "o" namun anda harus mengatakan huruf "i". Namun, kebanyakan dari teman-teman saya yang langsung main terabas saja dengan menyamakan pelafalan dengan huruf "u".

Lalu mengapa dalam ketikan pinyin selalu diketikkan dengan huruf "v"? Alasan utamanya adalah karena tidak ada pilihan huruf u dengan 2 titik di deretan tombol keyboard. Alasan kedua, adalah agar sang pembaca tidak salah membaca huruf antik ini dengan huruf "u" yang asli.

Memang harus diakui, sulitnya belajar speaking dalam Bahasa Mandarin adalah karena pelafalan kata-katanya sangat berbeda dengan Indonesia. Kebanyakan orang yang baru pertama kali belajar akan kesulitan saat mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Mandarin. Dan ternyata pelafalan yang sama hanya 2 huruf yaitu "m" dan "n".

Masalah lain adalah Sheng Diao. Sheng diao adalah nada naik turun dalam pelafalan Bahasa Mandarin. Di hari pertama anda belajar, saya jamin lidah anda keseleo semua saat mencoba mengikuti guru. Apalagi jika sudah dikombinasikan dalam kalimat dan paragraf, sulitnya setengah mati.

Kita kembali ke topik awal. Lalu apa sih kelebihan dari huruf "v" ini? Bisa dibilang huruf satu ini adalah yang paling ribet karena punya aturan penulisan sendiri. Apa saja?
  1. Jika disambung dengan huruf selain "j", "q", dan "x", maka baru boleh ditulis dengan 2 titik. Jika disambung dengan 3 huruf tadi, maka penulisan sama dengan "u" biasa.
  2. Huruf "u" dalam vokal lanjutan seperti "ue", huruf "u"-nya dibaca dengan pelafalan "v".
  3. Tidak boleh meletakkan sheng diao pada huruf ini.
Repot ya? Untuk mendefinisikan perbedaan dengan "u", kebanyakan orang juga menggunakan julukan "u smile" karena tampak seperti orang tersenyum., atau dengan "u topi" karena titiknya terlihat seperti topi.

Salah satu hal yang paling mengerikan dari pelafalan huruf ini adalah karena bunyinya kurang lebih hampir sama dengan "i". Saya sendiri juga sering tertukar pada awalnya. Dan akan lebih merepotkan lagi jika digabungkan dengan logat Tiongkok utara, dimana setiap kata selalu diimbuhi "-r" (contoh: hao menjadi haor).

Satu-satunya cara mengatasi semua kerepotan diatas hanyalah dengan banyak belajar. Lalu, jika anda selalu salah melafalkannya dengan "u" biasa, maka segaralah mempelajari cara pelafalan yang benar. Ingat, jika anda salah pengucapan, orang Tiongkok yang mendengarkan juga tidak akan mengerti apa yang anda ucapkan.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *