Mengenal Search Engine Baidu, "Google" Ala China

April 04, 2018
Dari kalian semua pasti mengenal yang namanya baidu (百度 pinyin: baidu)(baca : paitu). Merk baidu berasal dari Tiongkok (中国 pinyin: zhong guo). Mereka juga banyak merilis aplikasi seperti browser, batery saver (Android), Manajer Aplikasi, dll. Nah, mereka ternyata juga punya search engine lho! Tapi mereka hanya menggunakan bahasa china (中文 pinyin: zhong wen), dan hanya bekerja secara Powerful di china saja. Tampilannya kurang lebih sama seperti google, hanya mereka tidak mengggunakan doodles. Sekarang bagaimana cara menggunakannya? yuk cekidot!

1. Antarmuka Baidu

Antarmuka Baidu terlihat begitu sederhana (Sama seperti google). Terdapat beberapa pilihan pencarian seperti: Gambar (地图 pinyin: di tu), Berita (新闻 pinyin: xin wen), Lokasi/Peta (贴吧 pinyin: tie ba), dll. jika ingin melakukan searching tinggal klik 百度一下。 maka hasil akan muncul. Tetapi hasil yang diutamakan adalah hasil yang mengandung bahasa china.

Antarmuka Awal
Antarmuka baidu. Tidak terlalu sulit kan?


2. Hasil Pencarian

Lalu bagaimana dengan hasil pencariannya? Nah, disinilah yang sedikit berbeda dari mesin pencarian google, baidu tidak memasukkan ads apapun ke dalam hasil pencarian, selain itu di sebelah kanan terdapat hasil pencarian lain yang terkait.

Hasil Pencarian
Hasil pencarian

Saya mencoba memasukkan keyword 麦当劳(pinyin: mai dang lao) yang dalam bahasa inggris berarti mcdonald. Terlihat hasil pencarian terkaitnya berupa berbagai macam restaurant. Oh ya baidu juga memiliki semacam database yang memuat informasi dari keyword yang dicari yang beralamat di https://baike.baidu.com.

Sebenarnya masih bisa juga jika kita menggunakan bahasa lain, tapi hasilnya tidak bisa maksimal. Jika ingin menggunakan search engine ini mungkin lebih baik kita belajar mandarin dulu deh! (heheeh), biar gampang bacanya.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *