Kehilangan Data Penting Sama Saja Dengan Kehilangan Nyawa!

9/21/2019
Judulnya agak seram ya? Tapi pernahkah anda membayangkan jika data-data penting seperti file laporan perusahaan atau draft skripsi itu hilang dan tak bisa dikembalikan? Tidak usah jauh-jauh kehilangan keseluruhan. Cukup satu bab saja yang hilang, apa yang anda rasakan?

Kehilangan Data Penting Sama Saja Dengan Kehilangan Nyawa!

Menurut survey dari Western Digital, terdapat 97% orang yang mengandalkan smartphone sebagai gadget utama dalam kegiatan sehari-hari, dan 28% orang Indonesia menyimpan data dokumen mereka pada memori ponsel. Hmm... bagaimana kalau sampai hilang ya?


Faktanya, 67% dari orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data di smartphone. Bahkan meski 80% dari masyarakat sudah menyadari pentingnya melakukan backup data, tetap saja hanya 1/3 dari mereka yang benar-benar melakukannya. Miris ya?

Padahal jika sewaktu-waktu kehilangan data terjadi, maka siapa yang akan rugi jika bukan diri sendiri? Saya pun yakin, baik dosen maupun atasan anda akan langsung menanyakan anda dengan "Mengapa tidak melakukan backup?" jika anda memberikan alasan "Kehilangan data" apa pun penyebabnya.
Hanya 1/3 dari 80% rakyat Indonesia yang melakukan backup data penting!
Infografis Kebiasaan Backup Data Masyarakat Indonesia (Sumber : Western Digital)

Memangnya bagaimana cara melakukan backup data?

Tidak sulit kok, anda bisa memilih opsi backup online melalui layanan penyimpanan Cloud. Namun, melakukan backup data di platform online memerlukan koneksi dan kuota internet yang cukup mencekik. Apalagi jika data yang di-backup berukuran besar.

Saya sendiri lebih suka melakukan backup di microSD card dan Flash Disk. Sebab bisa langsung diambil kapan pun, apalagi jika menggunakan USB OTG SanDisk yang bisa langsung menghubungkan komputer dengan ponsel. Minimal, data bisa langsung ter-backup baik di ponsel maupun di komputer.

Tentu saja urusan backup mem-backup ini penting, mengingat saya juga seorang pekerja kantor sekaligus kreator. File-file penting seperti laporan kantor, draft photoshop, sampai rencana konten harus tersimpan dengan aman. Kalau sampai ada data yang yang hilang, wah bisa nggak tidur seminggu buat bikin ulang semua datanya!

Meskipun ribet, tapi ini penting sebab jika sewaktu-waktu ada masalah seperti laptop rusak atau hilang maka data tetap aman di dalam perangkat penyimpanan lainnya.

Ada banyak produk penyimpanan portabel di luar sana, tapi saya lebih sering menggunakan SanDisk. Beberapa produk SanDisk yang paling sering saya gunakan adalah Flash Disk Cruzer Blade dan MicroSD Card Class 10.

Mengapa menggunakan SanDisk?

Sangat sederhana, sebab SanDisk menyediakan berbagai bentuk penyimpanan eksternal portabel. Mulai dari MicroSD card untuk smartphone dan camera sampai USB OTG SanDisk yang bisa menghubungkan ponsel dengan komputer. Semuanya juga tersedia dalam berbagai jenis kapasitas, mulai dari 2 GB sampai 1 TB!

Keunggulan OTG USB SanDisk
Keuntungan USB OTG SanDisk

Penyimpanan eksternal ini siap menampung berbagai data baik foto, video, musik, aplikasi, sampai dokumen penting. Anda juga tidak perlu khawatir, sebab penyimpanan SanDisk juga dilengkapi dengan aplikasi backup otomatis yaitu SanDisk Memory Zone. Saya sendiri juga beberapa kali menggunakan aplikasi ini.

Foto-foto dan video lama yang ingin diarsipkan, bisa banget dimasukkan ke dalam memori eksternal, Daripada #DibuangSayang kan? Setidaknya kenangan-kenangan bisa disimpan rapi dan tanpa khawatir hilang.

Lalu bagaimana cara membeli perangkat-perangkat penyimpanan ini? SanDisk memiliki toko online di platform Shopee untuk memudahkan pelanggan yang ingin membeli produknya. Anda bisa mengunjungi tokonya di link di bawah ini:
Official SanDisk Shopee : Sandisk Official Shop

Apa saja keuntungan backup data?

Memangnya apa saja keuntungan melakukan backup data? Apakah se-darurat itu? Berikut beberapa keuntungan yang pernah saya rasakan saat melakukan backup data secara rutin.

Data bisa diakses di mana-mana tanpa ribet

Kapan pun selama ada perangkat yang memiliki program yang kompatibel dengan data yang ada di dalamnya, maka data bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Mengakses data lewat penyimpanan eksternal portabel tentu lebih mudah daripada membongkar data di ponsel atau laptop.

Jaga-jaga jika sewaktu-waktu data tak bisa diakses

Terkadang kita bisa saja ceroboh mengunduh file dari internet yang mengandung virus. Virus bisa menyebabkan data anda rusak dan tidak bisa diakses lagi. Jika anda memiliki ban serep, maka anda tidak perlu pusing dan tinggal mengambil data cadangan.

Lebih menghemat memori

Ada beberapa data yang tidak selalu digunakan, namun tidak bisa dibuang karena bisa jadi sewaktu-waktu diperlukan. Contohnya seperti scan dokumen penting atau file pas foto. Nah, untuk menangani file seperti ini, sebaiknya disimpan di memori penyimpanan cadangan yang aman agar bisa diakses kapan pun.

Pastikan anda menggunakan perangkat penyimpanan portable #SanDiskAPAC untuk solusi pencadangan/backup data pada perangkat anda. Akhir kata, semoga kita semua terbebas dari bencana kehilangan data yang pernah membuat saya bingung tujuh keliling (untung sudah di-backup). Salam!

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *