Hemat Kuota di Android 600MB Bisa Buat Sebulan

May 10, 2016
Internet, internet, dan internet. Sepertinya tidak ada orang yang bisa hidup tanpa internet di jaman sekarang. Ngeblog seperti ini pun juga butuh internet. Tapi, sayangnya kuota internet suka habis di tengah perjalanan (curhat). Bayangkan saja, masa membeli kuota 1.5 GB, habis dalam waktu 2 minggu? Menyedihkan sekali.

Setelah dipikir-pikir dan dicoba-coba, akhirnya saya tahu bagaimana agar bisa hemat kuota di Android. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar dengan anda, tapi bagi yang belum tahu, cara-cara ini bisa dicoba. Saya sendiri mencobanya dan 600MB bisa buat sebulan! Cukup menghemat bukan?

Batasi data latar belakang


Restrict Background Data


Tidak begitu disarankan untuk anda yang bergantung terhadap notifikasi, karena dengan membatasi data latar belakang, maka fitur notifikasi otomatis dari aplikasi chat dan sosial media (pokoknya semua aplikasi yang membutuhkan internet) akan dinonaktifkan. 

Tapi hasilnya lumayan, pasalnya beberapa aplikasi latar belakang seperti BBM, Facebook, Line, dan lain-lain cukup menyedot kuota (setidaknya 15% dari total pemakaian bulanan). Oh ya, pengaturan ini juga bisa dengan mudah dinonaktifkan hanya lewat panel pemberitahuan. Jika anda ingin mengaktifkan pengaturan ini, silahkan masuk ke menu setelan, lalu pilih data usage (atau sejenisnya) lalu pilih menu titik tiga dan pilih "Batasi data latar belakang").

Gunakan Browser Ramah Kuota


Maksudnya browser ramah kuota, adalah browser yang sudah di desain sedemikian rupa sehingga punya kemampuan untuk mengompress ukuran situs hingga ukuran terkecil. Contohnya adalah UC Mini dan Opera Mini. Tentunya menggunakan kedua browser tersebut, pengalaman browsing akan minim karena sebagian besar dari fitur situs tersebut dinonaktifkan, tapi sebagai gantinya anda bisa menghemat sekitar 80% dari total kuota yang dibutuhkan untuk mengakses situs-situs favorit anda.

Opera Mini, Browser Ramah Kuota

Tapi bukan berarti browser-browser ramah kuota ini parah loh ya, karena mereka juga ternyata sudah disematkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan terhadap notifikasi facebook (Opera Mini). Dan meskipun browser tersebut sudah mengompress ukuran situs, tetap saja nyaman untuk dinavigasi.

Stay On 2G


Apabila anda tidak sedang dalam jam sibuk, maka lebih baik alihkan jaringan ke 2G agar kuota anda tidak tersedot (dan lebih hemat baterai). Sebagai tambahan, jaringan 2G sudah cukup untuk menavigasi situs dengan browser hemat kuota yang saya sebutkan di atas. Namun jangan coba-coba untuk browsing seperti biasa dengan jaringan 2G kalau anda tidak mau terkena darah tinggi.

Matikan Penggunaan Data


Jika memang tidak begitu diperlukan, anda bisa mematikan penggunaan data (misal sebelum anda tidur atau saat anda sedang belajar). Dengan begitu, aplikasi tidak terus menerus menyedot kuota internet anda dan Ads juga tidak akan muncul di aplikasi offline (advertisement membutuhkan koneksi internet).

Mematikan Penggunaan Data

Ingat bahwa banyak aplikasi dimonetisasi dengan menggunakan advertising, sehingga apabila anda mengakses aplikasi tersebut (meskipun itu adalah aplikasi offline seperti game, kamus, atau kalkulator). Dengan mematikan koneksi internet, maka ads tersebut tidak akan muncul dan artinya anda menghemat sebagian dari kuota anda.

Gunakan Wi-Fi


Pastinya anda sudah melakukan ini tanpa sadar bukan? Jika ada di tempat yang memiliki spot wifi gratis, maka gunakan saja (tapi biasanya lemot). Meskipun aksesnya lambat, tapi lebih baik bukan daripada harus menghabiskan kuota yang tinggal sedikit?

Sederhana bukan? Bisa menghemat kuota, berarti juga menghemat uang makan bulanan (kalau habis di tengah tengah, berarti kan harus pakai uang makan untuk beli kuota hehe). Semoga artikel ini bermanfaat. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *