Near Field Communication, Terobosan Baru Untuk Smartphone

July 03, 2015
nfc di smartphoneMeskipun sudah masuk Indonesia sejak lama, namun kenyataannya tidak banyak orang yang mengenal alat ini. Terang saja, fungsionalitas dari NFC untuk sharing file masih belum dikenal luas (Masih didominasi bluetooth) dan fungsi untuk sistem pembayaran (e-money) masih belum awam di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, teknologi NFC ini sangat modern dan terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa masalah contohnya antri tiket saat boarding. Faktanya, di Jepang proses Boarding Pass pesawat terbang untuk 450 orang hanya membutuhkan waktu 15 menit! Padahal dengan cara konvensional, bisa memakan waktu hingga 45 menit. Agar kita mengenal lebih dekat dengan teknologi keren ini, yuk simak artikel ini.


Latar belakang



NFC adalah teknologi konektivitas nirkabel yang berbasis Radio Frequency Identification yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat. Yang mengembangkan NFC pertama kali adalah NXP Semiconductors dan Sony pada tahun 2002.

Keunggulan NFC terletak pada perannya sebagai teknologi yang dapat mendukung berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang nyaman dan tidak ribet (Tanpa Pairing, Code, Password, dll). NFC memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan hanya dengan menyentuh atau menempatkan perangkat (Ponsel atau lainnya) mereka dengan perangkat layanan yang dikehendaki. Cukup praktis karena jaman sekarang hampir setiap orang memiliki ponsel. hal ini membuat layanan berbasis elektronik lebih mudah diakses lebih banyak orang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ABI Research mengatakan bahwa pada tahun 2007, tingkat penggunaan teknologi NFC terdapat pada perangkat elektronik seperti mobile handset, PC, kamera, printer, ataupun smartphone. Smartphone adalah salah satu tempat persemayaman NFC yang paling kuat, dikarenakan mobilitas dan penggunaannya yang paling simple dibandingkan dengan perangkat lain.

Beberapa Contoh Penggunaan NFC



fungsi dari NFC
1. SmartTag

SmartTag merupakan perangkat mungil yang dapat digantungkan dimana saja. Alat ini berfungsi untuk mengaktifkan berbagai pengaturan dan aplikasi ketika ponsel ditempelkan. Mungkin terdengar cukup sepele, namun bagi yang tidak ingin repot, alat ini bisa jadi alternatif terbaik.

2. Game NFC

Bermain game multiplayer? Hmm, asik dong bisa main bareng. Kalau komputer kita mungkin bisa menggunakan LAN, sehingga kita bisa main bareng tanpa koneksi internet, namun bagaimana dengan handphone? Disinilah kegunaan NFC, melalui koneksi NFC, game bisa dimainkan secara offline untuk fitur multiplayer. Contohnya adalah game Asphalt 5 HD NFC untuk nokia.

3. File Transfer

NFC bisa menjadi pesaing kuat Bluetooth dalam urusan file transfer. Kelemahan bluetooth adalah dibutuhkan proses pairing saat melakukan file transfer, sedangkan NFC tidak. Proses file transfer ini mengandalkan chip NFC yang berada di "punggung" smartphone. Maka, cukup "tempelkan" punggung smartphone dan berikan satu sentuhan maka semua file akan terkirim dalam sekejap.

Kendala NFC Di Indonesia



Masih banyak kecanggihan NFC lainnya, tapi meskipun canggih proses implementasinya di Indonesia sangat lambat. Hal ini dikarenakan para pengembang aplikasi dengan NFC sebelumnya melakukan pengembangan di platform yang sudah meredup, sehingga saat aplikasi siap, masyarakat justru sedang beramai-ramai pindah platform. Namun saat ini, pengembangan NFC mulai dihidupkan kembali. Contohnya adalah Bank Mandiri merilis aplikasi untuk cek saldo yang ada di kartu prabayar Mandiri untuk perangkat yang mendukung NFC.

Semoga saja implementasi NFC di Indonesia tidak mengalami hambatan lagi, pasalnya di negara kita ini sudah banyak produsen ponsel yang memproduksi ponsel denggan NFC. Jika momen ini tidak dimanfaatkan, kemungkinan implementasi NFC akan sulit. 

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

Write Comments
Ryzalansav
AUTHOR
July 7, 2015 at 11:14 AM delete

Nice...

Satu2nya kelemahan NFC hanya jarak penggunaannya yang harus sangat dekat

Reply
avatar
July 8, 2015 at 7:05 AM delete

Tapi nggak ribet. Kalau soal jarak ya gk terlalu ngefek la kan niatnya mau sharing. Msa berdiri berjauh-jauhan :)

Reply
avatar
July 8, 2015 at 7:22 AM delete

mantap banget atikelnya. ini yang ane cari-cari

Reply
avatar
July 8, 2015 at 8:23 AM delete

Oh ya? Bantu share ya kalau begitu :D

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *