Keuntungan Menggunakan Agen Properti AREBI Bagi Pembeli

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang keuntungan menggunakan agen properti AREBI bagi penjual. Kali ini, saya akan membahas keuntungan menggunakan agen properti AREBI dari segi pembeli. Sebagai informasi AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) adalah badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengawasi para perantara transaksi properti di Indonesia
Lihat juga : Keuntungan Menggunakan Agen (Broker) Properti Resmi AREBI Bagi Penjual
Jika sebelumnya kita membahas tentang masalah menjual properti, maka sekarang kita akan membahas masalah tentang membeli properti. Seperti yang sudah kita ketahui, banyak oknum makelar tanah maupun rumah yang tidak bertanggung jawab dan kebanyakan berasal dari makelar atau agen independen yang tidak memiliki dasar hukum.

BRIGHTON AREBI Indonesia
BRIGHTON Sebagai Real Estate Agent di bawah naungan AREBI INDONESIA

Kasus-kasus seperti properti tidak valid, pembayaran yang rumit, sampai problem serah terima properti banyak terjadi. Hal ini disebabkan mayoritas agen properti independen tidak dibekali training dan dasar hukum jual beli properti dan hanya bekerja atas dasar yakin dan komisi. Akhirnya, kebanyakan transaksi berakhir tragis atau bahkan sampai dibawa ke ranah hukum.

Lalu apa keuntungan menggunakan agen properti AREBI bagi pembeli? Berikut keuntungannya:

Properti valid

Setiap agen AREBI dituntut untuk melakukan listing (mencari properti) yang langsung valid pemilik dan bukannya "hanya tahu dari seseorang". Kondisi properti yang tidak valid bisa berdampak pada harga dan legalitas. Bayangkan jika anda menerima informasi properti dari orang yang tidak jelas hubungannya dengan pemilik asli, bisa jadi ada indikasi tidakan kriminal.

Bagi agen properti resmi AREBI, ini tidak akan terjadi. Semua properti yang dipasarkan oleh agen AREBI harus sudah divalidasikan terlebih dahulu, bukannya sekadar dengar dan asal memasarkan.

Bebas komisi

Mengacu pada peraturan pemerintah, bahwa pembayaran jasa atas agen properti hanya ditanggung oleh pihak pemilik sedangkan pihak pembeli hanya bersifat sukarela. Jika anda bertransaksi dengan agen independen, ada kemungkinan anda juga dimintai komisi dari harga kesepakatan.

Anti mark-up

Mark up harga adalah hal yang sangat dilarang dalam kode etik agen AREBI. Harga yang anda terima dari agen AREBI sudah pasti sama dengan harga yang dibuka oleh pihak pemilik atau bahkan jika anda bandingkan dengan agen AREBI lain yang memegang listing yang sama, harganya pun juga akan 100% sama.

Hal ini berbeda jika anda berhubungan dengan agen independen. Kemungkinan akan ada praktik mark up harga demi mendapatkan komisi yang lebih. Tentu saja ini merugikan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual.

Kerja sama dengan bank

Jika anda berencana membeli properti secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari dan mengontak PIC bank. Cukup sampaikan kepada agen AREBI yang anda gunakan tentang di bank apa yang akan anda gunakan untuk kredit, maka agen akan langsung mencarikan PIC bank sekaligus menangani proses KPR dari awal hingga selesai. Dan tentu saja anda tidak akan dikenai biaya tambahan apapun dari ini.

Banyak pilihan properti

Mengingat setiap agen properti resmi AREBI pasti memiliki jaringan antar agen AREBI juga, maka sekali anda mengontak satu agen AREBI anda sudah pasti bisa mendapatkan berbagai pilihan properti yang saat ini beredar di jaringan penjualan AREBI. Artinya, anda tidak perlu berbelanja kepada banyak agen yang dapat memusingkan anda sendiri.

Layanan pengaduan

Setiap agen properti AREBI pasti akan memiliki naungan dari perusahaan. Jika anda menemukan praktik penjualan atau pelayanan yang tidak sesuai dengan standar dan kode etik AREBI, maka anda bisa mengadukan agen tersebut langsung ke perusahaannya dan pihak perusahaan akan langsung menindak agen tersebut.

Mencari properti idaman bukanlah perkara yang mudah. Kami, agen AREBI hadir untuk mempermudah anda menemukan properti idaman. Perusahaan agen properti standar di Indonesia mayoritas sudah terdaftar di keanggotaan AREBI.

Pastikan anda menggunakan agen bersertifikasi AREBI untuk kepentingan transaksi properti anda!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Keuntungan Menggunakan Agen Properti AREBI Bagi Pembeli"