Mengenal HSK Tes Tingkatan Bahasa Mandarin

Kali ini saya akan membahas tentang HSK. Apa itu HSK? HSK adalah singkatan dari 汉语水平考试 (拼音 :han yu shui ping kao shi) yang artinya adalah Tes Tingkatan Bahasa Mandarin. HSK dibagi menjadi 2 yaitu HSK (Terdiri dari tes writing (造句), reading (阅读), listening (听力) dan HSKK atau 口语 (拼音:kou yu).

HSK 3
HSK 3
HSK masih dibagi lagi menjadi 6 level. Semakin tinggi level yang anda ambil, semakin banyak kosakata yang muncul semakin banyak. Untuk sesi listening, kecepatan rekaman akan semakin cepat jika anda mengambil tes dengan level yang tinggi. Sedangkan untuk writing, jumlah kata minimum yang harus ditulis akan semakin banyak dan gambar yang harus dideskripsikan juga semakin kompleks.

Sedangkan HSKK (口语) hanya terbagi dalam 3 tingkatan yaitu tingkat bawah, tengah, dan atas. Durasi untuk HSKK (口语) lebih pendek daripada HSK. Di sini kefasihan dan kejelasan intonasi anda akan diuji. Tesnya adalah menceritakan sesuatu sesuai dengan gambar, mengulang kalimat yang diucapkan, menjawab pertanyaan, dan membaca. Pada jaman dulu, HSK terdiri dari 11 tingkatan dan anda akan dipetakan secara otomatis sesuai dengan nilai yang anda dapatkan setelah selesai ujian.

HSK dan HSKK diwajibkan untuk anda yang ingin menuntut ilmu di Tiongkok. Beberapa universitas bahkan mensyaratkan HSK 6 untuk syarat wisuda. Artinya anda harus menguasai setidaknya 5000 lebih kosakata jika anda ingin menamatkan studi di Tiongkok. 

Fungsi HSK dan HSKK tentunya untuk meyakinkan universitas atau institusi bahwa anda benar-benar menguasai bahasa mandarin. Kebanyakan universitas mensyaratkan HSK 4 untuk jurusan teknik dan HSK 6 untuk sosial dan bisnis.

Tes HSK dan HSKK diadakan di beberapa tempat sekali dalam setahun. Contohnya untuk tahun 2015 ini ada ujian HSK dan HSKK di Universitas Petra (Surabaya). Untuk pendaftaran HSK atau HSKK anda bisa mendaftar ke tingkatan tertentu tanpa melewati tingkatan sebelumnya (Contoh anda bisa mengambil HSK 3 tanpa mengambil HSK 1 terlebih dahulu. Yang terakhir, tentu saja pendaftarannya tidak gratis. Biaya yang diperlukan untuk pendaftaran semakin besar seiring dengan level yang diambil.

Anda sangat disarankan untuk mempelajari model-model dari soal HSK sebelum memulai agar anda tidak keteteran saat mengerjakan. HSK sendiri adalah tes yang sangat disiplin dalam pelaksanaannya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau HSK memiliki 3 sesi, dan masing-masing sesi dimulai dan diakhiri serentak. Artinya jika sesi 1 selesai anda tidak diperkenankan untuk mengerjakan sesi 1 lagi dan wajib lanjut ke sesi 2 dan sebaliknya. Karena waktu yang diberikan terbatas, anda harus benar-benar menguasai materi sebelum ikut dalam ujian ini.

Bagaimana dengan nilai? Setiap sesi memiliki nilai maksimum 100, jadi total nilai maksimum adalah 300. Dan nilai minimum kelulusan adalah 160. Setiap orang yang lulus dalam ujian HSK akan diberi sertifikat yang berlaku selama 2 tahun. Apakah anda siap?
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

6 comments for "Mengenal HSK Tes Tingkatan Bahasa Mandarin"

  1. Wiiih anee pgeen nyobaa belajar bahasa mandarin nii
    Ngmong" susahan mana sama bhsa jepang gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepang itu enaknya nggak repot nulis karakternya. Cuman saya nggak tahu kalau grammarnya kayaknya gampangan mandarin

      Delete
  2. Pusing Gan, Ane Gak Ngerti sama Sekali :3 :v Di Sekolah Ane Juga Blajar Bahasa Mandarin :3 :v

    ReplyDelete
  3. Dimana ada nyelenggarain HSK? Kapan? Share yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyelenggaraan hsk tahun ini ada di ukp (universitas kristen petra) bulan oktober nanti. Daftar yaa.

      Delete
  4. Bisa kasih tips gak bisa lolos hskk? Mau ikut tpi was was gk bisa pass nilainya 😢

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.